Text
Pengembangan modul dan media Camtasia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis pendekatan saintifik
PENGEMBANGAN MODUL DAN MEDIA CAMTASIA
PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK
IMAS SOBARIAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul dan media
camtasia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis pendekatan
saintifik serta mengetahui keefektifannya dalam proses pembelajaran. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research
and Development)dengan pendekatan Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari
beberapa tahap, yaitu; tahap analisis kebutuhan, tahap pengembangan produk
(tahap perancangan, tahap penyusunan, tahap validasi dan tahap uji coba
produk), serta tahap uji efektivitas produk. Data yang diperoleh pada penelitian ini
berasal dari hasil angket uji validasi ahli, hasil angket uji coba produk terhadap guru
dan siswa, hasil angket uji efektivitas proses pembelajaran, lembar observasi,
serta hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hasil
yang dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah: Pertama, uji ahli yang
berhubungan dengan ahli materi, ahli media maupun ahli bahasa menyatakan
bahwa produk layak untuk diujicobakan. Hal ini sesuai dengan hasil uji validasi di
mana seluruh indikator angket uji validasi memiliki nilai rxy> rtabel; Kedua, uji
coba produk menyatakan bahwa produk layak digunakan pada proses
pembelajaran kimia. Hal ini sesuai dengan hasil penyebaran angket uji coba di
mana seluruh indikator memiliki interpretasi baik dan sangat baik; Ketiga uji
efektivitas menyatakan bahwa produk yang dikembangkan mampu menghadirkan
kualitas proses pembelajaran dengan baik. Hal ini sesuai dengan hasil penyebaran
angket uji efektivitas di mana seluruh indikator memiliki persentase diatas 75,1%
dengan interpretasi sangat baik dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan diatas
75%
Kata kunci: Pengembangan, Modul , Media camtasia, Pendekatan Saintifik
TM00002491 | TM 2491 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain