Text
Pengaruh usia dan pengalaman mengajar terhadap teacher efficacy di sekolah dasar dengan kurikulum 2013
Nama : Defi Amelia
Judul Skripsi : Pengaruh usia dan Pengalaman Mengajar terhadap Teacher
Efficacy di Sekolah Dasar dengan Kurikulum 2013
Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi Pendidikan, Unversitas Negeri Jakarta,
2017.
ABSTRAK
Usia dan pengalaman mengajar merupakan bagian dari faktor yang mempengaruhi
teacher efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia dan
pengalaman mengajar terhadap teacher efficacy pada guru Sekolah Dasar yang
mengajar menggunakan Kurikulum 2013. Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah
83 responden guru yang mengajar menggunakan kurikulum 2013 di Jakarta Utara.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala psikologi. Skala yang
peneltiti gunakan untuk mengukur teacher efficacay dilihat dari usia dan pengalaman
mengajar guru adalah Teacher Sense of Efficacy Scale (TSES). Metode pengolahan
data yang digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian adalah dengan analisis
regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan usia dan pengalaman mengajar terhadap teacher efficacy pada guru
Sekolah Dasar di Jakarta Utara dengan sebesar 0,018 (
SS00013522 | SK 13522 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain