Text
Pengaruh empati terhadap motivasi kerja guru sekolah luar biasa
MARDIANA
PENGARUH EMPATI TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB)
Skripsi
Jakarta: Program Studi Psikologi, Fakulktas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empati terhadap motivasi kerja guru sekolah luar biasa (SLB).
Populasi pada penelitian ini adalah guru sekolah luar biasa (SLB). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian guru SLB sebanyak 81 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua buah skala yaitu motivasi kerja guru berdasarkan teori dari Louis George dan Tara Sabhapathy. Sementara skala empati diadaptasi dari alat ukur The QCAE (a Questionnaire of Cognitive and Affective Emphaty). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi satu prediktor.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai F hitung 11.272 > F tabel 3.96 dengan nilai p = 0.001 (p < 0.05). Artinya bahwa terdapat pengaruh antara empati dan motivasi kerja guru pada guru SLB. Pengaruh yang dihasilkan bersifat postif, yang berarti jika empati pada guru SLB tinggi maka motivasi kerja guru akan tinggi.
Kata Kunci : Guru, Empati, Motivasi Kerja Guru, Guru SLB
Bibliografi : lembar 70-74
SS00013803 | SK 13803 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain