Text
Pengaruh konsep diri terhadap kinerja guru sekolah dasar di Jakarta
PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI JAKARTA
Pratitasari Retna H
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara konsep diri dengan kinerja guru Sekolah Dasar di Jakarta, konsep diri merupakan bagaimana seseorang memandang dirinya, serta ingin menjadi diri seperti apa yang diinginkan dari seseorang, sedangkan kinerja guru merupakan pekerjaan, tanggung jawab, tugas yang dapat diselesaikan oleh seorang guru didalam tugasnya. Data yang terdapat pada penelitian ini diperoleh dengan metode penyajian data melalui kuesioner, serta penelitian relevan, jurnal serta textbook. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan software SPSS 20 For windows dengan analisis regresi sederhana, temuan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara konsep diri dengan kinerja guru SD di Jakarta, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa nilai F hitung yang diperoleh adalah 67,410 dengan nilai F tabel (3,938) pada df 98. Maka Ho ditolak, sementara nilai p=0,000 lebih rendah dari nilai α=0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara konsep diri dan kinerja. Serta dengan penjabaran regresi berupa nilai konstanta a memiliki arti bahwa ketika konsep diri (X) bernilai 0 atau kinerja (Y) tidak dipengaruhi oleh konsep diri, maka rata-rata kinerja bernilai -36,523. Sedangkan koefisien regresi b memiliki arti bahwa jika variabel konsep diri (X) meningkat sebesar satu satuan maka kinerja guru (Y) akan meningkat sebesar 0,743. Koefien regresi tersebut akan bernilai positif yang artinya konsep diri memiliki pengaruh yang positif / tinggi terhadap kinerja, hal itu berarti semakin tinggi konsep diri yang dimiliki, semakin besar kinerja yang dihasilkan.
Kata kunci : kinerja guru, konsep diri, pengaruh, jakarta,
Bibliografi : lembar 52-55
SS00013804 | SK 13804 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain