Text
Model pembelajaran keterampilan renang gaya bebas (TriAs) untuk anak usia sekolah dasar
Tujuan penelitian dan pengembangan model keterampilan renang gaya bebas (crawl) untuk anak usia sekolah dasar. Selain itu, penelitian dan pengembangan dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan dan penerapan model pembelajaran dan mengetahui efektivitas, efisiensi model yang dibuat. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah Siswa sekolah dasar kecamatan Metro Lampung. Uji efektifitas model menggunakan instrumen tes keterampilan gaya bebas (crawl) untuk mengumpulkan data kemampuan renang siswa sekolah dasar. Analisis data penelitian menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0.05. Analisis data diperoleh nilai rata-rata efektif data Keterampilan renang pre-test: 44.63 post-test: 71.28 dengan nilai signifikasi dari keterampilan yaitu: keterampilan renang gaya bebas dengan t-hitung = -79.88, df = 39 dan p-value = 0.00 < 0.05. dengan taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak. Berdasarkan keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran keterampilan renang gaya bebas (crawl) untuk usia SD yang dikembangkan dapat diterapkan secara efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan keterampilan renang gaya bebas.Kata kunci: Model, Keterampilan, Renang dan Gaya Bebas
The purpose of research and development model swimming skills style free (crawl) to child primary school age. Besides, research and development done to obtain information in depth about the development and application of model of learning and uncover the effectiveness, efficiency model made. Research and development it uses the methodology the development of research & development (R n D) of borg and gall. Subject in research and development this is primary school student in metro lampung. A model test the effectiveness of using the instruments skills tests style free (crawl) to collect the data the ability of swimming primary school student. Data analysis test the research uses t and significance 0.05 economic situation. An analysis of data is collected the average effective value of the data swimming skills pre-test: 44.63 post-test: 71.28 with a value of significance in of skills which are: skill swimming style freely with t-hitung = -79.881, df = 39 and p-value = 0.00 > 0.05 it. Wih level of significance 0.05 then h0 rejected. Based on the information we can conclude that kind of classroom skills swimming style free (crawl) to primary school-aged developed can be applied effectively and efficiently so that it can be improved the skills of a style of free swimming. Keywords: Model, Skill, Swimming and Free Style
TM00002507 | TM 2507 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain