Text
Pengaruh penerapan metode Write Pair Switch (WPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy berdasarkan kemampuan awal matematis siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi pada siswa SMA Negeri di kota Tangerang selatan, yakni rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy yang dimiliki oleh siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode write-pair-switch (WPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa yang kemudian ditinjau dari kemampuan awal matematis yang dimiliki siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan metode WPS lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan metode konvensional. (2) terdapat interaksi penerapan metode WPS dengan kemampuan awal matematis siswa yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. (3) kemampuan komunikasi matematis siswa kemampuan awal tinggi yang belajar dengan metode WPS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kemampuan awal sama yang belajar dengan metode konvensional. (4) kemampuan komunikasi matematis siswa kemampuan awal rendah yang belajar dengan metode konvensional lebih tinggi dibandingkan siswa kemampuan awal sama yang belajar dengan metode WPS. (5) self-efficacy siswa yang belajar dengan metode WPS lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan metode konvensional. (6) terdapat interaksi penerapan metode WPS dengan kemampuan awal matematis siswa yang mempengaruhi self-efficacy siswa. (7) self-efficacy siswa kemampuan awal tinggi yang belajar dengan metode WPS lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kemampuan awal sama yang belajar dengan metode konvensional.
This research is motivated by the problem that occurs to senior high school student in South Tangerang city, which the lack of mathematical communication and self-efficacy that student possess. This study aims to determine the effect of write-pair-switch method and student mathematical prior knowledge of students’ mathematical communication and self-efficacy], both will be analysed from student’ prior knowledge. The result shows that (1) the mathematical communication of student who are given WPS as learning method is higher than student who are given conventional method. (2) there is interaction between WPS and student’ prior knowledge that affecting student mathematical communication. (3) student with high prior knowledge who are given WPS as learning method has higher mathematical communication than student with same prior knowledge level who are given conventional method. (4) student with low prior knowledge who are given conventional as learning method has higher mathematical communication than student with same prior knowledge level who are given WPS method. (5) selfefficacy of student who are given WPS as learning method is higher than student who are given conventional method. (6) there is interaction between WPS and student’ prior knowledge that affecting student’ self-efficacy. (7) student with high prior knowledge who are given WPS as learning method has higher self-efficacy than student with same prior knowledge level who are given conventional method.
TM00002516 | TM 2516 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain