Text
Pengembangan aplikasi berbasis multimedia pada pembelajaran tematik kelas III sekolah dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berbasis mutimedia pada pembelajaran tematik subtema perubahan rupa bumi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III Sekolah Dasar dengan jumlah responden 156 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model Dick, Carey dan Carey. Sebelum melakukan pengembangan produk dilakukan analisis kebutuhan dan literatur. Hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa aplikasi berbasis multimedia mendukung pembelajaran tematik. Pada proses pengembangan dilakukan dengan urutan yang hierarki. Proses evaluasi dilakukan dengan tiga tahapan, tahap pertama expert judgement yang dialakukan oleh ahli media, materi dan bahasa. Tahap kedua dialkukan evaluasi one to one siswa berkemampuan tinggi dan rendah. Tahap ketiga melakukan evaluasi small group dengan empat siswa. Hasil uji tersebut menyatakan bahwa multimedia pada pembelajaran tematik layak digunakan. Untuk melihat efektifitas produk yang dikembangkan dilanjutkan dengan uji field group dengan 150 siswa. Hasil analisis uji-t menunjukan perbedaan hasil belajar antara pre-test dan post-test. Dilihat dari nilai rata-rata, mengindikasikan bahwa multimedia yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran tematik.
This study aims to develop mutimedia-based products on thematic learning "Earth Change Subthemes". This research was conducted on third grade students of Elementary School with 156 respondents. This research uses Research and Development (R & D) research method with Dick, Carey and Carey model. Prior to product development, needs analysis and literature were analyzed. Preliminary study results suggest that multimedia-based applications support thematic learning. In the development process is done in a hierarchical order. The evaluation process is carried out in three stages, the first stage of expert judgment being handled by media, material and language experts. The second stage is the evaluation of one to one high and low ability students. The third stage evaluates small groups with four students. The test results stated that multimedia on thematic learning is feasible to use. To see the effectiveness of developed product followed by field test group with 150 students. The result of t-test analysis shows difference of learning result between pre-test and post-test. Judging from the average score, indicating that the developed multimedia is effectively used in thematic learning.
TM00002524 | TM 2524 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain