Text
Pengaruh pendekatan pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SDN 09 Tebet Jakarta Selatan : studi eksperimen
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran (Role Playing dan Ceramah Bervariasi) dan gaya kognitif (Field Independent dan Field Dependent) terhadap sikap sosial siswa. Penelitian dilakukan melalui metode eksperimen yang melibatkan 22 siswa kelas V SDN 219 Ara sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas V SDN 161 Ara sebagai kelas kontrol. Penerapan gaya kognitif dilakukan melalui tes good nought harris drawing test dan sikap sosial diukur melalui skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sikap sosial siswa yang diberi metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran ceramah bervariasi, (2) Sikap sosial siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi dari siswa yang miliki gaya kognitif field dependent, (3) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap sikap sosial siswa, (4) Sikap sosial siswa yang memiliki gaya kognitif field independen yang diberi perlakuan metode pembelajaran role playing lebih tinggi dari sikap sosial siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran ceramah bervariasi, (5) Sikap sosial siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent yang diberi perlakuan metode pembelajaran role playing lebih rendah dari sikap sosial siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran ceramah bervariasi. (6) Sikap sosial siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran role playing pada kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi dibandingkan dengan sikap sosial siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, 7) Sikap sosial siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran ceramah bervariasi pada kelompok siswa yang memiliki gaya kogntif field independent lebih rendah dibandingkan dengan sikap sosial siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent.
This study aims to determine the effect of learning approaches (Contextual Teaching Learning and Problem Based Learning) and cognitive learning style (Field Independent and Field Dependent) to the results of fourth grade students of SDN 09 Tebet Jakarta Selatan.Penelitian conducted through an experimental method involving 16 Fourth grade students SDN 09 Tebet South Jakarta as an experimental class and 16 students of grade IV SDN 01 Tebet South Jakarta as a control class. The application of cognitive learning style is done through questionnaire / kusioner and learning outcomes are measured through multiple choice test answers scores. The results showed: (1) learning outcomes of ips who were given contextual teaching learning approaches higher than the group of students who were given a learning-based learning approach, (2) ips learning outcomes that have independent cognitive learning style field higher than students who have learning styles Cognitive field dependent, (3) learning outcomes of ips who are given contextual learning learning approaches that have a cognitive fieldindependent learning style higher than cognitive field-dependent learning style, (4) learning outcomes of ips who are given a learning-based learning approach that has a cognitive learning style field dependent Of independent field cognitive learning style, (5) there is interaction effect between learning approach and cognitive style to ips learningoutcomes.
TM00002527 | TM 2527 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain