Text
Pengembangan Modul Multimedia Fisika Gerak Melingkar dengan Pendekatan Inkuiri
ABSTRAK Umi Nurhasanah. Pengembangan Modul Multimedia Fisika Gerak Melingkar dengan Pendekatan Inkuiri. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Multimedia Fisika sebagai penunjang pembelajaran kurikulum 2013 untuk siswa SMA kelas X. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Fisika FMIPA UNJ dan uji coba terbatas dilakukan terhadap siswa SMA N 11 Bekasi pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Waktu pengembangan modul multimedia ini dilakukan pada Mei-Desember 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Meteode ini dipilih peneliti untuk mengembangakan modul multimedia pembelajaran penunjang kurikulum 2013 pada meteri gerak melingkar.. Modul multimedia ini dikembangkan pada mata pelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa dalam mempermudah memahami pelajaran fisika pokok bahasan gerak melingkar. Modul multimedia fisika ini telah divalidasi oleh ahli materi fisika dan ahli media pembelajaran. Hasil validasi ahli materi berdasarkan instrumen yang telah ditetapkan, memberikan hasil penilaian dalam skala 100 adalah 77,76% dan hasil validasi oleh ahli media adalah 90.31% . Hasil uji validasi guru sebesar 91,29% dan uji empirik siswa 83,35%. Hasil tes evaluasi siswa dengan nilai rata-rata sebesar 81,08. Penilian yang didapatkan ini, menunjukan bahwa modul multimedia fisika gerak melingkar telah memenuhi persyaratan sebagai bahan ajar fisika untuk siswa SMA kelas X.
Kata kunci : Modul Multimedia, Gerak Melingkar, RnD
ABSTRACT
Umi Nurhasanah. Development of Multimedia Modules Physics Circular Motion with Inquiry Approach. Thesis. Jakarta: Physics Education Studies Program, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of Jakarta
This research aims to develop a module Multimedia Physics as supporting learning curriculum for high school students 2013 class X. The experiment was conducted at the Department of Physics, State UNJ and limited testing conducted on high school students n 11 Bekasi in the second semester of the school year 2014/2015. Time multimedia module development is done in May to December 2014. The method used in this research is a method of research and development (Research and Development). Meteode researchers have been selected to develop the multimedia module supporting learning curriculum in 2013 in a circular motion meteri .. multimedia module was developed in physics by inquiry approach to assist students in understanding the physics simplify the subject of the circular motion. Multimedia module physics has been validated by expert physics of matter and instructional media expert. Results validation matter experts based instruments that have been established, providing assessment results in a scale of 100 is 77,76% and the results of validation by expert media is 90.31%. The results of the validation test teachers for 91.29% and 83.35% students empirical test. evaluation of the test results of students with an average value of 80,08%.Judging obtained from the results of this trial, showed that the circular motion physics multimedia module meets the requirements as teaching materials for high school physics class X.
Keyword : Multimedia Modules, Circular Motion, RnD
SS00005347 | SK 5347 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain