Text
Pengaruh model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar sejarah di SMA Islam Al-Azhar 8 Summarecon Kota Bekasi
This study aimed to find out the effect of Instructional model and student creativity toward the learning outcome of student history in SMAI Al-Azhar 8 Summarecon Bekasi. The approach used was quantitative with treatment design by level 2x2 experiment method. The study populations were the whole of eleventh grade students and for the sample consist 2 classes, social student 2 of eleventh grade and social student 3 of eleventh grade amount 68 students. This study instrument used that used for the student creativity was quiz and for the learning outcome was multiple choice. The survey results revealed: (1) the learning outcome that used TAI instructional model was higher than the conventional instructional model, (2) there was effect of interaction between learning model and student creativity, (3) the learning outcome of student history that used TAI learning model with high creativity revealed higher than the conventional learning model, (4) the learning model of student history with low creativity revealed lower than the conventional learning model.
Key words: History learning outcomes, instructional model, student creativity
iii
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA ISLAM AL-AZHAR 8 SUMMARECON KOTA BEKASI
(2017)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMAI Al-azhar 8 Summarecon Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif, dengan metode eksperimen dan menggunakan desain treatment by level 2x2. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI, untuk sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IIS 2 dan XI IIS 3 berjumlah 68 siswa. Instrumen yang digunakan untuk kreativitas siswa yaitu kuesioner dan instrumen yang digunakan untuk hasil belajar yaitu tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas, (3) hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI dengan kreativitas tinggi lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (4) hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI dengan kreativitas rendah lebih rendah dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata kunci : Hasil belajar sejarah, model pembelajaran, kreativitas siswa
TM00002534 | TM 2534 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain