Text
Pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan adlerian terhadap peningkatan pemahaman diri siswa kelas 5 SDN 01 Ujung Menteng
Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pendekatan Adlerian Terhadap Peningkatan Pemahaman Diri Siswa Kelas 5 SDN 01 Ujung Menteng
(2015)
Fauzie FirmansyahSetiawan
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh koseling kelompok dengan pendekatan Adlerian terhadap peningkatan pemahaman diri siswa kelas 5 SDN 01 Ujung Menteng. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest non equivalent group design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Ujicoba instrumen dilakukan terhadap 54 responden. Pengujian perhitungan validitas instrumen diolah menggunakan Microsoft Excel dengan rumus Product Moment. Hasil perhitungan validitas menyatakan 24 butir item valid dan 18 butir item tidak valid, sedangkan reliabilitas intrumen dihitung menggunakan rumus Alpha menunjukkan 0.754 yang berarti intrumen termasuk dalam kategori reliabilitas yang tinggi. Teknik analisis data untuk hipotesis menggunakan Mann Whitney U-Test. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows yang menunjukan bahwa nilai Asymp. sig sebesar 0,001, yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi α 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, karena skor rata-rata peningkatan pemahaman diri siswa yang mendapatkan perlakuan berupa konseling kelompok dengan pendekatan Adlerian lebih tinggi yaitu 62,3 berbanding dengan 45,5 skor rata-rata pemahaman diri siswa yang tidak mendapatkan perlakuan berupa konseling kelompok dengan pendekatan Adlerian. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ini, konseling kelompok dengan pendekatan Adlerian dapat meningkatkan pemahaman diri siswa kelas 5 SDN 01 Ujung Menteng, sehingga konseling kelompok dengan pendekatan Adlerian merupakan salah satu bentuk intervensi yang dapat digunakan untuk menangani siswa kelas 5 SDN 01 Ujung Menteng yang mengalami masalah terhadap pemahaman diri.
Kata Kunci : pemahaman diri, konseling kelompok dengan pendekatan Adlerian
iv
The Effect of Counseling With Adlerian Group Approach Against Increasing Self Understanding of 5th Graders of SDN 01 Ujung Menteng
(2015)
Fauzie FirmansyahSetiawan
ABSTRACT
The purpose of this study was to get a empirical data about The Effect of Group Counseling With Adlerian Approach Against Increasing Self Understanding of Elementary Student Grade 5 of SDN 01 Ujung Menteng. The method used is a quasi-experimental pretest-posttest with non-equivalent group design. The sample in this study were taken by using purposive sampling technique. The test of instrument was done with 54 respondents. Testing the validity of the instrument calculation processed using Microsoft Excel with Product Moment formula. The results of the validity test said that 24 item are valid and the other 18 are invalid, While intrumen reliability calculated using formulas Alpha show 0.754 which means intrumen included in a category a high reliability. Data analysis techniques for hypothesis using the Mann Whitney U-Test. Hypothesis test results was done with SPSS 17.0 for Windows which shows that the value of Asymp. sig is 0,001, which is smaller than the value of significance α 0.05, so it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted, because the average score Increasing Self Understanding of the student who received treatment in the form of group counseling with Adlerian approach higher at 62.3 compared with 45.5 average score of self-understanding students that are not getting treatment in the form of group counseling with Adlerian approach. The conclusion based on the results of this study, Counseling With Adlerian Group Approach can increase self-understanding 5th graders SDN 01 Ujung Menteng. so Adlerian group counseling approach is one form of intervention that can be used to handle the 5th graders of SDN 01 Ujung Menteng who experiencing problems with the self-understanding.
Keywords: Self-Understanding. Adlerian group counseling approach
SS00005560 | SK 5560 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain