Text
Pengembangan E-learning menggunakan moodle pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Bunguran Timur Kabupaten Natuna
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk e-learning sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS Ekonomi untuk siswa SMP kelas VIII. Dikemas dalam bentuk web lokal yang bisa digunakan untuk belajar mandiri maupun kelompok. Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model Dick and Carey yang terdiri dari sepuluh tahap, yaitu menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan, menganalisis pembelajaran, menganalisis pebelajar dan konteksnya, menganalisis tujuan unjuk kerja, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, merevisi pembelajaran, dan merancang dan melaksanakan evalusi sumatif. Tahap uji produk dimulai dengan ahli materi, dan ahli media. Kemudian produk tersebut diuji ke sejumlah siswa kelas VIII, yaitu 3 orang siswa untuk uji coba one to one, 10 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 32 orang siswa untuk uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata ahli materi 3,83 yang berarti produk tersebut baik dan ahli media 4,25 yang berarti produk tersebut dinilai sangat baik. Kemudian pada tahap uji one to tone, penilaian rata-rata siswa 4,05 dengan nilai baik dan pada tahap uji coba kelompok kecil 3,95 dianggap baik. Kesimpulannya produk e-learning pada mata pelajaran IPS Ekonomi untuk siswa SMPN 2 Bunguran Timur Kabupaten Natuna sudah bisa dikatakan baik tapi tetap perlu ada beberapa perbaikan sesuai dengan saran dan masukan dari ahli dan pengguna.
The purpose of this study is to produce e-learning products as a source of learning subjects Social Economics for junior high school class VIII. Packaged in the form of a local web that can be used for independent study or group. The methodology used is research and development method. This research uses the Dick and Carey model consisting of ten stages: analyzing the need to identify objectives, analyzing learning, analyzing learners and context, analyzing performance objectives, developing assessment instruments, developing learning strategies, developing and selecting learning materials, designing and implementing Formative evaluation, revising learning, and designing and executing summative evalutions. The product test phase begins with material experts, and media experts. Then the product was tested to a number of grade VIII students, ie 3 students for one to one test, 10 students for small group trial and 32 students for field trial. The results show the average material expert value 3.83 which means the product is good and media experts 4.25 which means the product is considered very good. Then at the one to tone test stage, the average rating of 4.05 students with good grades and in the small group trials stage 3.95 is considered good. In conclusion e-learning products on Economic IPS subjects for students SMPN 2 Bunguran Timur Natuna Regency can be said to be good but still need some improvement in accordance with suggestions and input from experts and users
TM00002537 | TM 2537 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain