Text
Evaluasi program penyelengaraan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada siswa SMK Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan di Kabupaten Serang
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara komprehensif tentang pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa akomodasi perhotelan di kabupaten Serang. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model CIPP. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang di padukan dengan pendekatan kuantitatif. Komponen- Komponen yang menjadi fokus penelitian ini yaitu context, terdiri dari: (1) Landasan dan tujuan program, Sasaran dan Manfaat Program dan Kebutuhan Program (2) input, terdiri dari kesiapan peserta didik, Guru/tenaga pendidik, Kurikulum , Sarana dan prasarana, Kelayakan Sekolah, Kelayakan Dunia Usaha dan Industri (DU/DI), (3) process, terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan Penilaian Praktik Kerja Lapangan (4) product, terdiri dari Hasil uji kompetensi Peserta Praktik Kerja Lapangan. Langkah-langkah penelitian diawali dengan membuat kriteria evaluasi, tahap selanjutnya membuat instrument penelitian, membuat kisi-kisi instrumen, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan. Uji Validitas instrumen menggunakan validasi pakar, dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa komponen Context berada pada kriteria tinggi, komponen input cukup baik, komponen process cukup baik, komponen produk baik.
This study aims to obtain information comprehensively about the implementation of Field Work Practice program (PKL) students accommodation accommodation in Serang district. The model used in this research is CIPP model. The research method used qualitative method which combined with quantitative approach. Components that are the focus of this research are the context, consisting of: (1) The foundation and objectives of the program, Goals and Benefits Program and Program Needs (2) inputs, consist of readiness of learners, Teachers / Teachers, Curriculum, Facilities and infrastructure , School Feasibility, Business and Industrial Feasibility (DU / DI), (3) process, consisting of Planning, Implementation of Field Work Practice Assessment (4) product, consist of result of competence test of Field Work Practice. The steps of the research begin by making evaluation criteria, the next step to make research instrument, make instrument grille, data collection, data analysis and conclusion. Test Instrument validity using expert validation, and reliability test. Data collection techniques used observation techniques, interviews, documentation studies, and questionnaires. The results showed that the Context component is on high criterion, the input component is good enough, the process component is good enough, good product components.
TM00002540 | TM 2540 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain