Text
Penerapan model rasch pada pengembangan tes diagnostik pada mata pelajaran biologi
PENERAPAN MODEL RASCH PADA PENGEMBANGAN TES
DIAGNOSTIK MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA
Tumijo
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Rasch pada
pengembangan instrumen tes diagnostik mata pelajaran Biologi SMA. Metode
penelitian yang digunakan merupakan metode pengembangan tes dengan
langkah-langkah :1) menetapkan tujuan tes, 2) analisis materi pelajaran, 3)
membuat kisi-kisi, 4) penulisan soal, 5) validasi instrumen, 6) uji coba tahap 1,
7) analisis hasil uji coba dan revisi soal, 8) uji coba tahap 2, dan 9) perakitan
instrumen. Subjek uji pada penelitian ini adalah 400 siswa kelas XI sekolah
menengah atas (SMA) di kabupaten Way Kanan. Teknik analisis data yang
digunakan: uji validitas isi menggunakan validasi pakar, uji reliabilitas, uji
tingkat kesukaran, dan uji validitas empirik menggunakan aplikasi Winstep 3.65
dengan pendekatan model Rasch.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan tes
diagnostik soal berbentuk pilihan ganda beralasan sebanyak 49 butir dengan
kualitas baik berdasarkan telaah pakar, sebanyak 98% soal valid dengan nilai
relialibilitas 0,81 berkategori tinggi. Tingkat kesukaran soal kategori mudah,
46,94% dan kategori sulit 53,06 % .
Kata Kunci : Tes Diagnostik, Model Rasch
TM00002543 | TM 2543 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain