Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA : studi eksperimen kelas III SDN Batu Ampar 13 dan SDN Batu Ampar 07 Kota Jakarta Timur
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
ABDUL YASMAN
PAUD Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur. E-mail: abdul.yasman@yahoo.com
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajara IPA siswa sekolah dasar di Kota Jakarta Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai bulan Juni 2017 menggunakan metode eksperimen factorial 2x2 dengan treatment by level. Penelitian ini menggunakan sampel 60 orang siswa sekolah dasar SDN Batu Ampar 13 dan SDN Batu Ampar 07 Kramat Jati Kota Jakarta Timur dengan teknik multistage sampling. Berdasarkan dari analisis data dapat ditarik kesimpulan diantaranya (1) hasil belajar IPA siswa yang diberikan perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari siswa yang menggunakan metode problem solving, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar, (3) hasil belajar IPA siswa sekolah dasar yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan metode pembelajaran problem solving (4) hasil belajar IPA siswa sekolah dasar yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah yang menggunakan metode pembelajaran problem based learning lebih rendah dari pada siswa yang menggunakan metode pembelajaran problem solving.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Metode Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis
TM00002565 | TM 2565 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain