Text
Pengaruh model pembelajaran dan penguasaan konsep terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V MI Ummusshabri Kendari
The objective of this research was to know the effect of problem based learning and Direct instruction learning model and concept mastery toward students’ science process skills at Grade V MI Ummusshabri Kendari. This research used experimental method with treatment by level 2 x 2 design. The sample of this research was consisted of 44 students. Technique of data analysis used two-ways variance analysis (ANAVA) and then continued by Tukey test in significant level α = 0.05. Based on the result of analysis, it was found that: (1) There was an interaction effect between learning model and concept mastery toward students’ science process skills, (2) Students’ science process skills that taught by using problem based learning model was higher than group of students that taught by using Direct instruction learning model, (3) Science process skills between students who learn by using problem based learning model with high concept mastery was higher than the students who learn by using Direct instruction learning model with high concept mastery, (4) Students’ science process skills between students who learn by using problem based learning model with low concept mastery was lower than the students who learn by using Direct instruction learning model with low concept mastery.
Keywords: Learning Model, Concept Mastery, Science Process Skills.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MI UMMUSSHABRI KENDARI
HIKMAWATI Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta/hikmawatii92@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran Direct instruction serta penguasaan konsep terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V MI Ummusshabri Kendari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 . Sampel terdiri dari 44 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α=0,05. Berdasarkan hasil analisis diperoleh temuan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan penguasaan konsep terhadap keterampilan proses sains siswa, (2) Keterampilan proses sains siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran direct instruction, (3) Keterampilan proses sains antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem based learning yang memiliki penguasaan konsep tinggi lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan penguasaan konsep tinggi, (4) Keterampilan proses sains siswa sekolah dasar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem based learning yang memiliki penguasaan konsep rendah lebih rendah daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan penguasaan konsep rendah.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Penguasaan Konsep, Keterampilan Proses Sains
TM00002572 | TM 2572 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain