Text
Upaya meningkatkan hasil belajar menendang menggunakan punggung kaki dalam permainan futsal melalui modifikasi bola karet pada siswa kelas VI SD Mogallana Bekasi Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui modifikasi bola karet dalam permainan futsal dapat meningkatkan keterampilan gerak (Psikomotorik) terhadap hasil belajar menendangmenggunakan punggung kaki pada siswa kelas VI SD Mogallana Bekasi Utara.
Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Sampel ini menggunakan kelas VI dari populasi yang ada.
Setelah dilakukan tindakan melalui proses pembelajaran dengan menggunakan modifikasi, maka peserta didik di instruksikan agar dapat menemukan sendiri gerakan yang benar. Sebelum penelitian dimulai, dan dilakukan pengamatan tes awal untuk mengetahui sejauh mana kesalahan dan peningkatan kemampuan peserta didik dalam memperaktikan menendang menggunakan punggung kaki pada peserta didik kelas VI yang menjadi objek dalam penelitian ini.
Dalam mencapai suatu keberhasilan peningkatan keterampilan gerak (psikomotorik) menendang menggunakan punggung kaki pada peserta didik kelas VI, peneliti menggunakan metode pemecahan masalah yang didukung dengan modifikasi bola karet. Penelitian menggunakan I siklus dengan 3x pertemuan, baik pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-3 peneliti memberikan tindakan yang tidak terlalu berbeda karena tujuannya sama, hanya saja yang membedakan, pada pertemuan ke-2 dan pertemuan ke-3 penggunaan modifikasi bola karet dalam proses pembelajaran lebih difokuskan tanpa melupakan peran peserta didik sebagai pembelajar yang dituntut agar dapat menguasai keterampilan gerak dengan sendirinya dalam menguasai gerakan melalui sikap pandangan, sikap badan, sikap lengan, dan sikap kedua kaki pada saat (free- impact, impact, dan follow trougth) sesuai dengan metode yang diterapkan dalam strategi pembelajarannya yaitu ; melalui modifikasi bola karet harus tercapai sebagaimana yang telah diharapkan peneliti yang hanya mengamati proses pembelajaran setelah mendemonstrasikan materi pada saat pembelajaran di lapangan.
This study aims to determine whether through modification of rubber balls in futsal games can improve movement skills (psychomotor) on learning outcomes kicking using the back of the foot in class VI SD Mogallana Bekasi Utara.
The research method used in this study is a class action research method. This sample uses class VI from the existing population.
After the action is carried out through the learning process using modification, the students are instructed to find the right moves themselves. Before the study began, and carried out preliminary test observations to determine the extent to which errors and improvement in the ability of students to practice kicking using the back of the foot in class VI students who became the object in this study.
In achieving a successful increase in motion (psychomotor) skills in kicking using the back of the foot in class VI students, researchers used a problem-solving method that was supported by a rubber ball modification. The study used I cycles with 3 times the meeting, both the 1st meeting to the 3rd meeting the researchers gave actions that were not too different because the goal was the same, only the difference, at the 2nd meeting and the 3rd meeting the use of modified rubber balls in the process learning is more focused without forgetting the role of students as learners who are required to be able to master the movement skills by themselves in mastering the movement through attitudes, posture, arm attitude, and the attitude of both feet at the moment (free-impact, impact, and follow trougth) with the method applied in the learning strategy, namely; through modification of rubber balls must be achieved as expected by researchers who only observe the learning process after demonstrating the material during learning in the field.
Bibliografi : lembar 62-63
SS00004204 | SK 4204 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain