Text
Efektifitas pembelajaran pendekatan drill dan pendekatan taktis terhadap hasil belajar sepak sila pada siswa ektrakurikuler sd negeri pulo gadung 03 pagi
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas antara pendekatan taktis dan pendekatan drill terhadap hasil belajar sepak sila pada siswa ekstrakulikuler SD Negeri Pulogadung 03 pagi.
Penelitian ini dilaksanakan di lapangan SD Negeri Pulogadung 03 pagi Jakarta timur, dengan jumlah pertemuan 16 kali. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan jumlah sampel 30 siswa dari 30 populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara purpossive sampling dan diperoleh 30 sampel. Sampel ditetapkan dari seluruh populasi siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sepak takraw SD Negeri Pulogadung 03 pagi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik uji-t untuk dibandingkan dengan nilai tabel pada taraf signifikansi 5%.
Hasil pengolahan data adalah sebagai berikut: pada kelompok pendekatan drill memperoleh nilai rata-rata 4,6 , standar deviasi dari difference 0,49 , nilai standar eror dari mean difference 0,13 , dan nilai t-hitung 35,4 dan kelompok pendekatan taktis memperoleh rata-rata 4,3 , standar deviasi dari difference 0,70 , nilai standar eror dari mean difference 0,19, dan nilai t-hitung 22,6 .
Hasil data untuk membandingkan tes akhir antara kelompok pendekatan drill dan pendekatan taktis. Kelompok pendekatan drill memperoleh hasil nilai standar deviasi 1 dan nilai standar eror perbedaan mean 0,27 sedangkan pendekatan taktis nilai standar deviasi 0,92 dan nilai standar eror perbedaan mean sebesar 0,24 , t-hitung 2,25 dan nilai t-tabel derajat kebebasan (dk) = (15+15) - 2 = 28 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2,05 , jadi t-hitung > t-tabel. Berdasarkan hipotesis statistik maka dapat disimpulkan bahwa hipotsis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara pendekatan taktis dan pendekatan drill sehingga pendekatan drill lebih efektif daripada pendekatan taktis terhadap hasil belajar sepak sila pada siswa ekstrakulikuler sepak takraw SD Negeri Pulogadung 03 pagi
Bibliografi: lembar 80-83
SS00005084 | SK 5084 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain