Text
Hubungan antara kepercayaan demgan kepuasan pelanggan smartphone blackberry pada warga rw.02 kelurahan bojong sari kecamatan kedung waringin di bekasi
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya tentang seberapa besar hubungan antara kepercayaan dengan kepuasan pelanggan pada Warga Rw 02 Kelurahan Bojong Sari Kecamatan Kedung Waringin di Bekasi.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi. Variabel bebasnya adalah kepercayaan dan kepuasan pelanggan adalah variabel terikat. Poopulasi dalam penelitian ini adalah warga RW 02 Kelurahan Bojong Sari Kecamatan Kedung Waringin di Bekasi, sedangkan populasi terjangkaunya warga RW 02 Kelurahan Bojong Sari, Kedung Waringin sebanyak 35 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara acak sederhana.Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi linier sederhana dan didapat Ŷ = 49,76+0,52X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liniefors didapat Lhitung (Lo) 0,1162 < Ltabel (Lt) 0,1477. Ini menandakan bahwa model regresi berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran regresi didapat Fhitung (-0,64) < Ftabel (2,54), ini menunjukan bahwa model regresi linier. Dari uji hipotesis diketahui bahwa model regresi berarti Fhitung (10,46) > Ftabel (4,17). Dari uji hipotesis dengan uji koefisien korelasi product moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,508 maka ini berarti terdapat hubungan positif antara kepercayaan dengan kepuasan pelanggan. Dari perhitungan uji-t diketahui thitung = (3,324) > ttabel = (1,70), sehingga ini menunjukan terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara kepercayaan dengan kepuasan pelanggan. Sedangkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 25,85% yang menunjukan bahwa kepuasan pelanggan ditentukan oleh kepercayaan sebesar 25,85%.Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan positif antara kepercayaan dengan kepuasan pelanggan smartphone blackberry pada warga RW 02 Kelurahan Bojong Sari Kecamatan Kedung Waringin di Bekasi. Hal ini berarti bahwa jika semakin tinggi kepercayaan maka semakin tinggi kepuasan pelanggan suatu produk.
Kata Kunci: Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan
The study is aimed at obtaining valid and factual information and knowledge about correlation between trust with customer satisfaction smartphone blackberry to the district 02 Bojong Sari Vilagge Kedung Waringin in Bekasi.The study employs descriptive method with correlation approach independent variable in the study is trust with customer satisfaction as dependent variable. The population in this study were district 02 Kelurahan Bojong Sari kecamatan Kedung Waringin in Bekasi, amounting to 35 district. While the sample used as many as 32 district.According to satistical computation the study reveals the regression Ŷ = 49,76+0,52X. Result of normality test of error estimation Y on X shows that the data are normality distributed with Lcount (Lo)0,1162 < Ltable (Lt) 0,1477. Which further means that Lo < Lt (Ho is accepted). Moreover, based on the result of hypothesis test it’s known that value for Fcount (-0,65) > F table (2,54). For Fcount (10,47) < F table (4,17) and therefore, Ho is accepted. Conclusion from the statistical computation is that the regression model of Ŷ = 49,76+0,52X is significant. Tcount=(3,324)> ttable= (1,70)means that Ho is accepted and the model is linier. Based on calculation the study result in determination coefficient as of 25,85% which means that customer satisfaction is affected significantly by trust. Customer satisfaction is affected by customer satisfaction of 25,85%.The result of this study has proved the existence of a positive and significant correlation between trust with customer satisfaction smartphone blackberry at community district 02 kelurahan Bojong Sari kecamatan kedung waringin in Bekasi. This means that if the higher trust will make the better customer satisfaction.
Keyword: Trust, Customer Satisfaction
Bibliografi: lembar 61-62
SS00004913 | SK 4913 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain