Text
Studi eksperimental kinerja mesin kompresi udara satu langkah dengan variasi sudut pembukaan selenoid
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya dan torsi mesin dua langkah yang telah dimodifikasi menjadi mesin kompresi udara satu langkah dengan menggunakan dua buah selenoid sebagai katup masuk udara bertekanan yang akan menggerakan piston bergerak naik dan turun. Waktu pembukaan pada katup selenoid diatur dengan menggunakan papan cakram dan sensor infrared.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Maka pengujian pada mesin kompresi udara ini dilakukan dengan mengatur derajat pembukaan katup selenoid yang bervariasi yaitu di 30 setelah TMA dan 50 setelah TMA. Ada pun beberapa alat yang digunakan untuk membantu pengambilan data adalah, prony brake pada variasi tekanan rem 0.4 bar – 2 bar dengan perubahan tekanan rem 0.2 bar. Variasi tekanan udara yang digunakan 3 bar – 8 bar dengan peubahan tekanan udara 1 bar. Tachometer digunakan untuk mengetahui putaran mesin.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil daya maksimal pada tekanan udara yang sama yaitu 8 bar, untuk daya mesin kompresi udara dengan sudut bukaan katup selenoid 30 setelah TMA adalah 1,07 Kw, sedangkan untuk daya mesin kompresi udara dengan sudut bukaan katup 50 setelah TMA adalah 1,09 Kw.
Kata kunci : Mesin kompresi udara, katup selenoid, sudut derajat
This study aims to determine the power and torque of the two-step engine that has been modified into a one-step air compression machine by using two selenoid as a pressurized air inlet valve that will move the piston up and down. The opening time of the selenoid valve is regulated using a disc board and infrared sensor.
The research method used is an experimental method. Then the testing of the compressed air engine is done by adjusting the degree of opening of the selenoid valve which varies, ie at 30 after the TMA and 50 after the TMA. There are also some tools that are used to assist with data retrieval, prony brakes on variations in brake pressure 0.4 bar - 2 bars with changes in brake pressure 0.2 bar. Variation in air pressure used 3 bars - 8 bars with a change in air pressure 1 bar. Tachometer is used to determine the engine speed.
The results of this study indicate that the maximum power output at the same air pressure is 8 bar, for compressed air engine power with selenoid valve opening angle 30 after TMA is 1.07 Kw, while for compressed air engine power with valve opening angle 50 after TMA is 1.09 Kw.
Keywords: compressed air engine, selenoid valve, degree angle
Bibliografi : lembar 58
SS00005304 | SK 5304 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain