Text
Hubungan motor educability dan koordinasi mata-kali dengan kemampuan sepaksila siswa ektrakulikuler sepaktakraw SMPN 164 Jakarta
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungannya antara: 1) hubungan motor educability dengan kemampuan melakukan sepaksila, 2) hubungan antara koordinasai mata-kaki dengan kemampuan melakukan sepaksila, dan 3) hubungan antara motor educability dan koordinasi mata-kaki secara bersama-sama dengan kemampuan sepaksila siswa ekstrakulikuler sepaktaktraw SMPN 164 Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di Gelanggang Olahraga peninggaran, Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Hari Rabu dan Jumat tanggal 28 dan 30 Mei 2014., Penelitian dilaksanakan 2 kali. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan melakukan tes untuk mengambil data motor educability, koordinasi mata-kaki dan sepaksila. Jumlah siswa yang mengikuti tes sebanyak 15 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan isntrument (1) motor educability, (2) koordinasi mata-kaki, dan (3) kemampuan sepaksila. Analisis data menggunakan teknik korelasional dan regresi dengan taraf signifikan pada a = 0,05.
Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut : (1) terdapat hubungan positif antara motor educability dengan kemampuan sepaksila dengan koefisien korelasi ry1 = 0,786 dalam pola persamaan regresi Ý = 10,701 +
ii
0,786X1. (2) terdapat hubungan positif antara koordinasi mata-kaki dengan kemampuan sepaksila dengan koefisien korelasi ry2 = 0,667 dalam pola persamaan regresi Ý = 16,629 + 0,66X2., (3) dan terdapat hubungan positif antara motor educability dan koordinasi mata-kaki secara bersama-sama dengan kemampuan sepaksila dengan koefisien korelasi ganda Ry1-2 = 0,88 dan dalam pola persamaan regresi sederhana Ý = -3,535+ 0,628 X1 + 0,443 X2.
Bibliografi: lembar 53
SS00005094 | SK 5094 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain