Text
Meningkatkan teknik egos sabit menggunakan metode bagian perbagian pada perguruan pencak silat Satria Muda Indonesia unit latihan SMP Barunawati II Tanjung Priok Jakarta Utara
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik egos sabit pada PPS Satria Muda Indonesia Unit Latihan SMP Barunawati II Tanjung Priok Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan pada bulan April di unit latihan SMP Barunawati II. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa atau atlit pencak silat PPS Satria Muda Indonesia Unit Latihan SMP Barunawati II Tanjung Priok jakarta Utara.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan Classroom Action Research, yaitu dengan memberikan perlakuan khusus kepada atlet untuk meningkatkan teknik egos sabit pada Perguruan Pencak Silat. Indikator yang diukur pada penelitian ini adalah : gerakan persiapan, gerakan pelaksanaan, gerakan lanjutan, dan gerakan akhir.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan yaitu: dengan penelitian action research dan menggunakan metode bagian perbagian dalam melatihnya, dapat meningkatkan teknik egos sabit pada PPS Satria Muda Indonesia Unit Latihan SMP Barunawati II Tanjung Priok Jakarta Utara. Dengan dua siklus penelitian tindakan. Dari Tingkat keberhasilan siswa pada tes awal berjumlah 3 atau 15%, kemudian setalah dilatih dengan metode bagian perbagian pada siklus I siswa yang berhasil berjumlah 14 atau 70%, dan karna tidak mencapai target dilanjutkan sampai pada siklus II yang mana pada siklus II keberhasilan siswa mencapai 18 orang atau 90% tuntas.
This research aims to improve the egos sickle technique at PPS Satria Muda Indonesia Barunawati II Junior High School Training Unit in Tanjung Priok, North Jakarta. This research was conducted in April at Barunawati II Junior High School training unit. The subjects of this research are students or pencak silat athletes PPS Satria Muda Indonesia Barunawati II Junior High School Training Unit Tanjung Priok North Jakarta.
The method used in this study is a descriptive research method with Classroom Action Research, namely by giving special treatment to athletes to improve the egos sabit technique in Pencak Silat College. The indicators measured in this study are: preparatory movements, implementation movements, advanced movements, and final movements.
Based on the results of the study it can be concluded that: with action research research and using part-section methods in training it, can improve the egos sickle technique at PPS Satria Muda Indonesia Barunawati II Junior High School Tanjung Priok North Jakarta. With two action research cycles. From the level of success of students in the initial test amounted to 3 or 15%, then after being trained with the section section method in the first cycle students who succeeded amounted to 14 or 70%, and because it did not reach the target continued until the second cycle which in the second cycle the success of students reached 18 people or 90% complete.
Bibliografi: lembar 82
SS00005092 | SK 5092 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain