Text
Upaya meningkatkan keterampilan lempar tangkap bola tangan dengan metode bermain pada siswa kelas IV SD Ananda Islamic School Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan lempar tangkap siswa SD Jakarta Barat dengan menggunkan pendekatan metode bermain dalam permainan bola tangan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Ananda Islamic School Jakarta Barat pada tanggal 5 januari – 16 Januari 2015.Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (Action Research), dan dievaluasi mencari rata-rata serta prosentase kenaikan keterampilan lempar tangkap. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Ananda Islamic School Jakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling.
Instrument yang digunakan berupa blanko dengan kolom yang dibuat sedemikian rupa. Untuk mengetahui hasil peningkatan keterampilan lempar tangkap menggunakan analisa data berupa nilai rata-rata dan prosentase keseluruhan kemudian dibuat dalam bentuk normatif yang didapat dari hasil olah data blanko tes awal dan tes akhir lempar tangkap.
Hasil analisis data diperoleh bahwa dengan menggunakan pendekatan metode bermain lempar tangkap bola tangan dapat meningkatkan keterampilan lempar tangkap bola tangan siswa SD Ananda Islamic School Jakarta Barat. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan II siklus dengan standar ketuntasan 7 pada setiap gerak dasar yang diteliti untuk 22 orang siswa. Pada data awal siswa yang mencapai target untuk gerak dasar lempar sebanyak 10 siswa atau 45% dan yang belum mencapai target 12 siswa atau 55%. Siswa yang mencapi target gerak dasar tangkap sebanyak 11 siswa atau 50%, dan yang belum mencapi target 11 siswa atau 50%. Pada siklus I terdapat peningkatan lempar tangkap yaitu terdapat 19 siswa atau 86% yang mencapai target pada teknik dasar lempar dan yang belum mencapai target terdapat 3 siswa atau 14%. Untuk teknik dasar tangkap terdapat 18 siswa atau 82% yang mencapai target, sedangkan yang belum mencapai target terdapat 4 siswa atau 16%. Pada siklus II semua siswa sudah menguasai teknik dasar lempar tangkap sehingga pada siklus II semua siswa sudah dapat mencapai target yang diharapkan oleh peneliti.
This study aims to determine the improvement of West Jakarta Elementary School students' catching skills using the method of playing in handball. This research was conducted at SD Ananda Islamic School, West Jakarta on January 5 - January 16, 2015. The method used was action research, and was evaluated to find the average and percentage increase in catching skills. The population in this study were elementary school students at Ananda Islamic School Jakarta. Sampling in this study uses purposive sampling technique.
The instrument used is a blank with a column made in such a way. To find out the results of the improvement in catching skills using data analysis in the form of an average value and the overall percentage then made in a normative form obtained from the results of data processing initial test blanks and final catch catch tests.
The results of the data analysis showed that using a handball catch throwing method approach could improve the skills of throwing handball catching at SD Ananda Islamic School, West Jakarta. This activity was carried out using II cycles with 7 completeness standards for each basic motion studied for 22 students. In the initial data students who achieved the target for throwing basic motion were 10 students or 45% and those who had not reached the target of 12 students or 55%. Students who reach the basic target of capture are 11 students or 50%, and those who have not yet achieved the target of 11 students or 50%. In the first cycle there was an increase in catching catches, there were 19 students or 86% who reached the target on the throwing technique and those who had not reached the target were 3 students or 14%. For basic capture techniques there are 18 students or 82% who reach the target, while those who have not reached the target are 4 students or 16%. In the second cycle all students had mastered the basic techniques of catching throwing so that in the second cycle all students were able to reach the target expected by the researcher.
Bibliografi : lembar 60 - 61
SS00005035 | SK 5035 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain