Text
Hubungan kesegaran jasamani dan percaya diri dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa Sekolah Menengah Kejuruan Bina Insan Mandiri Banjarsari
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara kesegaran jasmani dan percaya diri dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa. Pengambilan data dilakukan di SMK BIM Banjarsari pada tanggal 4-7 februari 2015.
Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan teknik studi korelasi, populasi yang digunakan yaitu siswa SMK BIM Banjarsari sebanyak 127 orang, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 20 orang. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistika Persamaan Regresi dan korelasi ganda yang dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikasi = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan: pertama, terdapat hubungan yang berarti antara Kesegaran Jasmani dengan Hasil Belajar, dengan persamaan garis linier Ῡ = 14,44 + 0,71X1, koefisien korelasi (ry1) = 0,71 dan koefisien determinasi (ry1²) = 0,504, yang berarti variabel Kesegaran Jasmani memberikan sumbangan terhadap Hasil Belajar sebesar 50,4%. Kedua, Terdapat hubungan yang berarti antara Percaya Diri dengan Hasil Belajar, dengan persamaan garis linier Ῡ = 20,21+ 0,595X2, koefisien korelasi (ry2) = 0,595 dan koefisien determinasi (ry1²) = 0,3540 yang berarti variabel Percaya Diri memberikan sumbangan dengan Hasil belajar sebesar 35,4%. Ketiga, terdapat hubungan yang berarti antara Kesegaran Jasmani dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dengan persamaan garis linier Ῡ = 3,5+ 0,55X1 + 0,33X2, koefisien korelasi Ry1-2 = 0,766 dan koefisien determinasi (Ry1-2)² = 0,587 yang berarti terdapat hubungan antara Kesegaran Jasmani dan Percaya Diri secara bersama-sama dengan Hasil Belajar pendidikan jasmani sebesar 58,7%.
This study aims to obtain information about the relationship between physical fitness and confidence in students' physical education learning outcomes. Data collection was conducted at BIM Banjarsari Vocational School on February 4-7, 2015.
This study uses a quantitative method with correlation study techniques, the population used is 127 students of the BIM Banjarsari Vocational School, 20 people are taken by using a random sampling technique. Hypothesis testing technique is done by using statistical analysis techniques Regression Equations and multiple correlations followed by t-test at the significance level = 0.05.
The results showed: first, there was a meaningful relationship between Physical Freshness and Learning Outcomes, with linear line equations Ῡ = 14.44 + 0.71X1, correlation coefficient (ry1) = 0.71 and coefficient of determination (ry1²) = 0.504, which means that the variables of Physical Freshness contribute to Learning Outcomes by 50.4%. Second, there is a meaningful relationship between Confidence and Learning Outcomes, with linear line equations Ῡ = 20.21+ 0.595X2, correlation coefficient (ry2) = 0.595 and coefficient of determination (ry1²) = 0.3540 which means Confident variables contribute with learning outcomes of 35.4%. Third, there is a meaningful relationship between Physical Fitness and Confidence with Physical Education Learning Outcomes with linear line equations Ῡ = 3.5+ 0.55X1 + 0.33X2, Ry correlation coefficient 1-2 = 0.766 and coefficient of determination (Ry1-2) ² = 0.587 which means there is a relationship between Physical fitness and self-confidence together with physical education learning outcomes of 58.7%.
Bibliografi: lembar 62
SS00005039 | SK 5039 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain