Text
Kompetensi guru pendidikan jasmani di sekolah menengah pertama luar biasa tunagrahita se-Jakarta Timur
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunagrahita Se-Jakarta Timur. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunagrahita Se-Jakarta Timur. Waktu penelitian pada Bulan November tanggal 14 – 15 Desember 2014 Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei deskriptif dengan teknik non test, yaitu melakukan penyebaran angket kepada guru pendidikan jasmani yang mengajar di SLB. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunagrahita se-Jakarta Timur. Untuk uji coba sampel akan diambil 10 orang dari guru SLB yang ada di Jakarta Selatan untuk diambil datanya. Selanjutnya untuk sampel penelitian akan di ambil 15 orang dari guru SMPLB yang ada di Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik non sampling yaitu dengan purposive sampling.
Dari data yang telah diolah dapat disimpulkan sebagai berikut : kompetensi guru pendidikan jasmani di tinjau dari 4 kompetensi yang harus dimiliki, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Hasil analisis data menyatakan untuk masing-masing variabel Kompetensi pada guru pendidikan jasmani dinyatakan masih rendah karena dari seluruh jumlah sekolah 1 sekolah dikategorikan tinggi, 4 sekolah dikategorikan sedang sedangkan sisanya 10 dikategorikan rendah.
The purpose of this study was to determine the Competence of Physical Education Teachers in Extraordinary Middle School Children with Disabilities in East Jakarta. The place of this research was carried out in the Extraordinary Middle School of Middle Ages in East Jakarta. Time of research in November 14 - 15 December 2014 The method used in this study was a descriptive survey method with non-test techniques, namely conducting questionnaires to physical education teachers who teach in SLB. The population in this study were all physical education teachers of the Extraordinary Middle School Middle School in East Jakarta. For the trial sample, 10 people will be taken from SLB teachers in South Jakarta to retrieve the data. Furthermore, for the research sample, 15 people will be taken from the SMPLB teachers in East Jakarta. The sampling technique in this study was to use non-sampling techniques, namely by purposive sampling.
From the processed data, it can be concluded as follows: the competence of physical education teachers in terms of the 4 competencies that must be possessed, namely pedagogic competence, personality competence, professional competence, and social competence. The results of the data analysis stated that for each variable Competency in physical education teachers was stated to be still low because of the total number of schools 1 school was categorized as high, 4 schools were categorized as moderate while the remaining 10 were categorized as low.
Bibliografi: lembar 77
SS00005050 | SK 5050 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain