Text
Peningkatan hasil belajar pengeritingan rambut melalui model pembelajaran kooperati metode tgt (team games tournament) di SMK negeri 3 tangerang
Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar pengeritingan rambut melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode TGT bagi siswa kelas XII Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 3 Tangerang. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode TGT pada pembelajaran pengeritingan rambut . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), Subyek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 3 Tangerang yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilakukan dari 3 siklus dalam tiga pertemuan, setiap siklus dilakukan hanya dengan 1 kali pertemuan, siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan memberikan hasil kepada siswa nilai rata- rata pemahaman materi siswa 60,35 dan nilai rata- rata keterampilan pengeritingan rambut 79,23. siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil belajar pengeritingan rambut lebih meningkat setelah dioptimalkannya model pembelajaran kooperatif metode TGT, nilai rata- rata pemahaman materi 71,07 dan nilai rata-rata keterampilan pengeritingan rambut 80,94. Kemudian, pada siklus tiga nilai rata- rata pemahaman materi siswa 83,57 dan nilai rata- rata keterampilan pegeritingan rambut 83,86. Hasil belajar di atas menujukkan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode TGT telah memberikan hasil yang lebih baik kepada siswa terhadap hasil belajar pengeritingan rambut dengan ketuntasan belajar yang memuaskan bahkan ada yaang sudah melebihi dari standar ditetapkan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT hasil belajar siswa meningkat baik secara pemahaman maupun praktik (2) Dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT siswa termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran (3) Dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT siswa merasa senang dan merasa terbantu dengan temannya
Kata Kunci: Model kooperatif, Metode TGT, Pengeritingan Rambut
Generally, the purpose of this research is to improve the result of the hair perming study through TGT method of cooperative study model for 3rd grade SMK Negeri 3 Tangerang, Hairstyling program. Moreover, this research is conducted to gather information thoroughly about the application of the cooperative study model with TGT method in learning hair perming. This research uses Classroom Action Research method and the subjects are 28 students of 3rd grade SMK Negeri 3 Tangerang, Hairstyling program. The research is conducted with 3 cycles in 3 meetings. Every cycle is done only in one meeting, the first cycle which has been realized using the action, give the students the average score of material comprehension which is 60,35 as a result and the average score of hair curling skills is 79,23. The second cycle which is showed that the results of the hair curling study is improved after the TGT method in Cooperative Study Model applied optimally, with the average score of material comprehension is 71,07 and the average score of hair perming skills is 80,94. Afterwards, in the 3rd cycle, the average score of material comprehension is 83,57 and the average score of hair perming skills is 83,86. This learning outcomes shows that the application of TGT method in Cooperative study Model has given a better result towards the student hair perming skills result with the satisfying grade, and even there are some students that achieve greater score from the passing grade. According to the result of this research, it can be concluded that : (1) with the TGT method of Cooperative Study Model, the student's study result is increased not only in material comprehension but also in the practice, (2) with the TGT method in Cooperative Study Model, the students are motivated and active in the learning process, (3) with the TGT method in Cooperative Study Model, the students feel happier and aided by means of the other students.
Keyword: Cooperative Model, TGT Method, Hair Perming
Bibliografi : lembar 156
SS00004066 | SK 4066 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain