Text
Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model missouri mathematics project (mmp) dengan model konvensional di SMP negeri 10 bekasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa serta untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran MMP lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik two stage random sampling yang terdiri dari teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis pada pokok bahasan Kubus dan Balok sebanyak 5 soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, konstruk dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,7223 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, kedua kelas tersebut, baik kelas yang menerapkan model pembelajaran MMP maupun model pembelajaran konvensional, masing-masing berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut memiliki varians yang berbeda atau heterogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-
SS00005449 | SK 5449 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain