Text
Peningkatan gerak lokomotor melalui senam linguistik pada anak usia kelompok A di TK Mentari Bogor
ABSTRAK
RINA HERLINA, Peningkatan Gerak Lokomotor Melalui Senam Linguistic Pada Anak Usia Kelompok A di TK Mentari Kota Bogor, Skripsi, Jakarta, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, 2013. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengkaji sejauh mana peningkatan gerak lokomotor melalui senam linguistic pada anak usia kelompok A TK Mentari Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dan guru sebagai pengamat. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok A di TK Mentari yang berjumlah 13 anak. Penelitian mulai dilakukan pada tanggal 25 November – 13 Desember 2013, yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui senam linguistic dapat meningkatkan kemampuan gerak lokomotor anak kelompok A di TK Mentari Kota Bogor.
Pada siklus pertama terjadi peningkatan gerak yang baik pada anakanak, namun masih ada anak yang belum tuntas dalam penilaian gerak lokomotornya dengan jumlah 1 anak dan 12 anak memenuhi kriteria ketuntasan minimum.
Pada siklus kedua berdasarkan hasil penilaian guru dan kolaborator terjadi peningkatan dengan tingkat ketuntasan sebesar 100% atau semua anak yang berjumlah 13 anak, maka hasil dari siklus 2 dinyatakan berhasil.
Bibliografi: lembar 64
SS00004236 | SK 4236 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain