Text
Interaksi sosial dengan teman sebaya anak kelas 3 SD yang mengikuti program menghafal Al-Qur'an : studi kualitatif di kuttab Al-Fatih Bekasi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter di Kuttab Al-Fatih Depok. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 7-8 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui jenis penelitian studi kasus. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik penilaian Miles dan Huberman yang terdiri dari: reduksi data, display data, dan verifikasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum iman merupakan suatu model pengembangan kurikulum penanaman nilai karakter yang diimplementasikan oleh Kuttab Al-Fatih. Proses penanaman nilai karakter merupakan aktivitas rutin dalam keseharian sebagai upaya pembiasaan yang dilakukan oleh para guru melalui proses pembelajaran. Kurikulum Iman dalam konteks Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini berkaitan dengan empat elemen penting, yaitu: 1. Kompetensi Inti; 2. Standar Isi; 3. Standar Proses; dan 4. Standar Penilaian. Orangtua menerapkan berbagai aktivitas penanaman nilai karakter di rumah. Kelebihan penanaman nilai karakter adalah memiliki konten materi yang bersumber pada hasil pengkajian ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits, memiliki program khusus peningkatan mutu peran guru, memberikan peluang bagi orangtua untuk terlibat aktif dalam menanamkan nilai karakter di rumah, dan memiliki nilai karakter imani yang berdampak positif bagi karakter peserta didik. Kekurangan penanaman nilai karakter adalah menerapkan model pembelajaran tradisional, meminimalkan penggunaan media pembelajaran, dan belum menggunakan teknik penilaian penanaman nilai karakter.
The aim of this research is to describe Inculcate the Character Value in Kuttab Al-Fatih Depok. This reasearch was conducted in children aged 7-8 years. The method used in this research was qualitative research through the type of case study research. Analysis data in the research using techniques according to Miles and Huberman consisting of: data reduction, data display, and verification. Data collected through observation, interviews, and documentation. This research demonstrate that the Iman’s Curriculum is a model of curriculum development that inculcate the character value implemented by Kuttab Al-Fatih. Inculcate the character value process is a routine activities in everyday life as a habitual efforts by the teachers through the learning process. Iman’s Curriculum in the context of Curriculum 2013 Early Childhood Education related to the four essential elements, that is: 1. Core Competency; 2. Content Standard; 3. Process Standard; and 4. Assessment Standard. The parents commit a various activities to inculcate the character values at home. The advantages inculcate the character value is have a content of material based on the study of verses Al-Qur’an and hadith, have a special programs to improve the teacher’s role, provides an opportunity the parents actively involved to inculcate the character values at home, and have the Iman’s character values that positively impact in the student’s charater. The deficiency inculcate the character value is commits to use the traditional learning model, to minimize the use of learning media, and have not to use the assessment technique to inculcate the character values.
SK00004657 | SK 4657 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain