Text
Pengaruh teknik becerita berpasangan terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII
ABSTRAK
AFIFUL HAJIROH, 2115121403, “Pengaruh Teknik Bercerita Berpasangan terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Kelas VII”. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Bercerita Berpasangan terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII di MTsN 22 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Metode Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Randomized control group pretest-posttest design. Jumlah sampel penelitian ini 40 siswa. Dilakukan uji persyaratan analisis data sampel yaitu uji normalitas digunakan uji liliefors. Dari hasil perhitungan kelas kontrol diperoleh = 0,04, sedangkan = 0,19. Pada kelas eksperimen = 0,08, sedangkan = 0,19 dengan taraf signifikan (α) 0,05. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa data sampel baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen berdistribusi normal karena < untuk uji homogenitas, digunakan uji fisher, diperoleh hasil yang didapatkan adalah 1,16 dengan nilai dk sebesar 19. dengan taraf (α) = 0,05 = 4,38 dan dengan taraf (α) = 0,05=1,16. Maka didapatkan kesimpulan bahwa < , maka didapatkan keputusan bahwa sampel berasal dari varians yang homogen. Selanjutnya data analisis dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh = 2,09 dan =1,72 dengan dk 19 dan taraf signifikan (α) 0,05. Oleh karena itu > , maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh teknik bercerita berpasangan terhadap keterampilan menulis teks cerpen kelas VII.Penelitian ini berimplikasi pada teks lain selain teks cerpen, yaitu teks fabel, teks biografi, teks laporan hasil observasi, teks eksplanasi, teks tanggapan deskriptif dan teks eksposisi di kelas VII.Penelitian ini menyarankan, padasaat teknik bercerita berpasangan ini diterapkan, guru dapat menyiasati hal-hal yang tidak terduga agar pembelajaran dapat berjalan secara kondusif.
Kata Kunci: teknik bercerita berpasangan, keterampilan menulis, teks cerpen
SS00014738 | SK 14738 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain