Text
Peningkatan hasil IPS pada pembelajaran tematik dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe team asissted invidualization (TAI) (penelitian tindakan kelas di SDN Rawamangun 11 pagi Jakarta Timur)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran tematik IPS melalui motode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif tipe (Team Assisted Individualization), diharapkan dapat membantu proses pemahaman siswa dalam proses kegiatan belajar sehingga memberi pengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 6 bulan, dimulai dari bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2014, melalui 2 siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SDN Rawamangun 11 Pagi Jakarta Timur pada pelajaran tematik IPS. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan ini dilakukan secara berulang dengan mengikuti tahapan siklus yang telah ditetapkan sehingga tercapainya tujuan dari metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) melalui penilaian kelompok dan individu. Indikator dari peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengalami proses kegiatan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) telah memberi pengaruh yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Keberhasilan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat tercapai karena adanya kerja sama antara peneliti dan siswa. Berdasarkan data yang didapatkan, hasil perolehan siswa sesuai dengan standar KKM pada siklus pertama 62%, siklus kedua 87%. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 25%. Oleh karena itu, metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) diharapkan dapat diterapkan oleh para pendidik (selain pendidikan mata pelajaran tematik IPS) sebagai inovasi dalam metode pembelajaran sehingga dapat membantu proses kegiatan belajar siswa. Kata kunci: Hasil belajar IPS di sekolah dasar kelas V, metode Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization)
This research rationale is improving student learning outcomes in thematic IPS through the application of cooperatife of cooperative learning method TAI type (team assisted individualization). Through this application of cooperative learning method type TAI (team assisted individualization), student expected to be more understand the learning process so that outomatically influencing the improvement of studyng outcome. This research has been completed using classroom action research method wich applied in two months during November until December 2014, all through two sequences. The subjects of this classroom action research are students of V at SDN Rawamangun 11 Pagi East Jakarta in thematic IPS. In the submission, tih classroom action research have been performed repetitively using the sequence steps that have been set until the target of cooperative learning method type TAI (Team Assisted Individualization) are filfilled by group and individual asssesment. The indicator of the assesment of student outcome improvement that student get after occurring learning activity process using cooperative learning method type TAI (Team Assisted Individualization). The result of this research states that the application of cooperative method type TAI (Team Assisted Individualization) have giving postive influence to student’s learning outcome. The achhievement of cooperative learning method type TAI (Team Assisted Individualization) can be attained since there is cooperation between researcher and student’s. Based on data which have been acquired, standars of result at the first step is arround 81%, the two step is arround 91%. From this data, we can see the improvement of student learning outcome approximately 25%. As a result of that the application of cooperative learning method type TAI (Team Assisted Individualization) are wish to be attained by teacher (except thematic IPS subject teacher) as an innovation in learning model so that can help student learning activity process. Keywords: Results of primary school social studies claas 5rd , cooperative learning method (TAI) Team Assisted Individualization
Bibliografi hal. 89
SS00002581 | SK 2581 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain