Text
Aplikasi model pembelajaran Kosa Kata Bahasa Jerman tema ALLTAG menggunakan GALGENSPIEL
Penelitian ini dilakukan untuk mengamati proses kegiatan pembelajaran di dalam
kelas dengan menerapkan model pembelajaran kosakata bahasa Jerman tema Alltag dengan
menggunakan Galgenspiel, yang dikembangkan oleh Julnadia Misla Aswandi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi dan
wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Observasi yang digunakan adalah observasi
non partisipasi, sehingga peneliti hanya mencatat data dan mengamati proses pembelajaran
kosakata bahasa Jerman tema Alltag dengan menggunakan Galgenspiel. Proses observasi
dilakukan di MAN 15 Keterampilan Jakarta Timur di kelas XI IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
2.
Dari hasil penelitian diperoleh data berupa catatan lapangan penelitian, yang
menunjukkan bahwa tahap pembelajaran pada model pembelajaran kosakata bahasa Jerman
tema Alltag dengan menggunakan Galgenspiel pada siswa kelas XI IPA 2 secara keseluruhan
dapat diaplikasikan, namun tidak semua tahapan dilaksanakan sesuai dengan skenario
pembelajaran yang telah dirancang oleh Julnadia. Salah satunya, pada skenario guru meminta
siswa untuk mengelompokkan kosakata baru tema Alltag subtema Essen und Trinken
kategori Obst und Gemüse yang terdapat pada teks (terlampir). Namun teks tersebut tidak
terlampir pada skripsi Julnadia, sehingga guru meminta siswa mengelompokkan kosakata
dimulai dari kosakata yang siswa pelajari pada tahap pembukaan.
Kata kunci : Observasi, Penerapan, Model, Galgenspiel, Alltag
SS00002570 | SK 2570 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain