Text
Pola dasar Ritmik Celempung pada Lagu Rajah, Karinding dan Leuweung Gundul Karya Abah Olot di Sanggar Giri Kerenceng, Sumedang
Tujuan Penelitian untuk mengetahui Kesenian Celempung di Sanggar Giri Kerenceng Sumedang Jawa Barat dan untuk mengetahui pol dasar ritmik tabuhan alat musik Celempung pada lagu Rajah, Karinding, dan Leuweung Gundul karya Abah Olot.
Metode Penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Maret 2014 sampai dengan Desember 2014. Tempat penelitian di Sanggar Giri Kerenceng Kampung Manabaya RT 1, RW 5, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cmanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Celempung merupakan alat bunyi yang ditiru dari icikibung, yaitu bunyi permainan tradisional berupa pukulan telapak tangan dan gerak sikut diatas permukaan air, sehingga menimbulkan bunyi-bunyi yang khas. Selain itu juga ada tiga lagu yang digunakan dalam pembelajaran Celempung di Sanggar Giri Kerenceng yaitu Rajah, Karinding, Leuweung Gundul, pada tiga lagu tersebut terdapat tiga pola dasar ritmik yang digunakan yaitu pola Bubuka, pola yang terdapat pada awal lagu. Pola jalan, pola yang terdapat pada bagian tengah lagu. Pola tutupan, pola yang berada di akhir lagu.
Kata Kunci: Ritmik, Celempung, Rajah, Karinding, Leuweung Gundul, Abah Olot
SS00002578 | SK 2578 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2014.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain