Text
Aspek persuasif dalam Iklan Partai Politik pada Pemilihan Umum Tahun 2014
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek persuasif yang terdapat dalam iklan partai politik pada pemilihan umum tahun 2014 di televisi .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis isi.Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April 2014 sampai dengan Agustus 2014.Fokus penelitian ini adalah aspek persuasif dalam 24 iklan partai politik di televisi pada pemilihan umum tahun 2014.Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel kerja analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis aspek persuasif yang dilakukan keseluruhan data yaitu 82 data, aspek persuasif yang terbentuk yaitu aspek pendapat 33 data, aspek sebab akibat 20 data, aspek analogi induktif 14 data, aspek analogi dekduktif 8 data, dan aspek fakta 7 data. Dari hasil penelitian tersebut, maka dalam iklan partai politik di televisi cenderung lebih banyak menggunakan aspek persuasif berupa pendapat. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini berguna bagi kegiatan berbahasa bagi peneliti sendiri maupun orang lain terutama dalam penggunaan bahasa persuasif. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih meneliti lagi tentang bahasa persuasif baik dari segi lisan maupun tulisan untuk lebih memperkaya pengetahuan tentang bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Wacana, Persuasif, Iklan, Partai Politik
The purpose of this study was to find out the persuasive aspects contained in the advertising of political parties in the 2014 general election on television. The method used in this study was a descriptive method with content analysis. The study was conducted from April 2014 to August 2014. The focus of this study is a persuasive aspect in 24 political party advertisements on television in the 2014 general election. The instruments of this research are assisted by analysis work tables. The results show that based on the analysis of persuasive aspects carried out the whole data is 82 data, persuasive aspects formed namely opinion 33 data, causal aspects 20 data, aspects of inductive analogy 14 data, aspects of decoductive analogy 8 data, and fact aspects 7 data. From the results of these studies, the advertisements of political parties on television tend to use more persuasive aspects in the form of opinions. Based on this, this research is useful for language activities for researchers themselves and others, especially in the use of persuasive language. For the next researcher, it is expected to further examine the persuasive language both in terms of oral and written to further enrich knowledge about Indonesian.
SS00002584 | SK 2584 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain