Text
Pengaruh intensitas penggunaan twitter terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Taman Madya 1 Kemayoran, Jakarta Pusat
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh intensitas penggunaan twitter terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat intensitas dan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMA Taman Madya 1 Kemayoran, Jakarta Pusat pada bulan April sampai Mei 2013.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket secara langsung kepada responden. Penelitian ini merupakan penelitian sensus karena menggunakan seluruh anggota populasi untuk penelitian, yaitu dengan jumlah responden 65 siswa kelas X yang memiliki akun twitter. Hipotesis penelitian ini adalah: Ho: Tidak ada pengaruh intensitas penggunaan twitter terhadap motivasi belajar siswa. Ha: Ada pengaruh intensitas penggunaan twitter terhadap motivasi belajar siswa.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, dan korelasi Pearson untuk menentukan arah hubungan. Dari hasil perhitungan statistik diperoleh koefisien determinasi dilihat dari R Square yaitu sebesar 0,076 atau 7,6%. Angka ini menjelaskan bahwa sebesar 7,6% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh intensitas penggunaan twitter. Persamaan regresi liner sederhana menghasilkan bentuk persamaan Ŷ= 123,487 - 0,317X. Dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson, diperoleh koefisien korelasi variabel intensitas penggunaan twitter terhadap motivasi belajar siswa sebesar -0,276. Hal ini menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah negatif.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang negatif antara intensitas penggunaaan twitter terhadap motivasi belajar siswa, semakin tinggi intensitas pengggunaan twitter maka semakin rendah motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin rendah intensitas penggunaan twitter maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Nilai korelasi kedua variabel -0,276, dan besarnya pengaruh X terhadap Y adalah 7,6%.
Kata Kunci : intensitas penggunaan twitter, motivasi belajar.
This study aims to examine whether there is an influence of the intensity of the use of Twitter on student motivation. In addition, it is also to find out the level of intensity and motivation of student learning. The study was conducted at Taman Madya 1 High School Kemayoran, Central Jakarta from April to May 2013.
This study uses a survey method with a quantitative approach. The research data were obtained through distributing questionnaires directly to respondents. This research is a census research because it uses all members of the population for research, namely the number of respondents 65 class X students who have a twitter account. The hypotheses of this study are: Ho: There is no influence of the intensity of the use of Twitter on student motivation. Ha: There is an influence of the intensity of the use of Twitter on student motivation.
Hypothesis testing is done using simple linear regression analysis, and Pearson correlation to determine the direction of the relationship. From the results of statistical calculations obtained the coefficient of determination seen from R Square that is equal to 0.076 or 7.6%. This figure explains that 7.6% of students' learning motivation is influenced by the intensity of Twitter usage. Simple linear regression equation produces the equation Ŷ = 123.487 - 0.317X. By using Pearson Product Moment Correlation, the correlation coefficient obtained by the intensity of the use of Twitter on student motivation is -0,276. This shows that the direction of the relationship between the two variables is negative.
The results showed there was a negative relationship between the intensity of the use of Twitter on student learning motivation, the higher the intensity of the use of Twitter, the lower the motivation to learn students, conversely the lower the intensity of the use of Twitter, the higher the motivation to learn students. The correlation value of the two variables is -0.276, and the magnitude of the effect of X on Y is 7.6%.
Keywords: intensity of Twitter usage, learning motivation.
SS00002623 | SK 2623 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain