Text
Pengaruh penggunaan media pembelajaran ICT terhadap hasil belajar PKN siswa : studi eksperimen di SMP Negeri 92 Rawamangun Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran ICT terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas VIII SMP Negeri 92 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik Purposive Sample, yaitu membagi sampel menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran ICT dan kelas kontrol dengan tidak menggunakan mediaICT. Jadi total sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Sebelum tes diberikan kedua kelas, tes terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitas. Setelah diuji validitas maka jumlah soal yang tadinya berjumlah 40 menjadi 30 karena terdapat 10 soal yang tidak valid. Dalam penelitian eksperimen ini sebelum pengujian hipotesis dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas. Pengujian normalitas pada penelitian ini menggunakan rumus lilliefors, hasil pengujian normalitas data kelas eksperimen diperoleh L(hitung) 0,1549 dan data kelas kontrol diperoleh L(hitung) 0,1432 dan L(tabel) untuk uji Lilliefors didapat sebesar 0,1566, dengan demikian dari data kedua kelas tersebut telah menunjukkan bahwa L(hitung)< L(tabel), artinya dari data kedua kelas berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas dengan uji bartlet. Pada perhitungan uji homogenitas didapat X2 = 0,64 dan dari daftar distribusi chikuadrat dengan dk=1 didapat X20,95(1) = 3,84. Jadi X2(hitung) 0,64< X2(tabel) 3,84, artinya dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berasal dari populasi yang memiliki varian homogen.
Kemudian pengujian hipotesis pada penelitian menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh t(hitung) = 3,30 dikonsultasikan dengan tabel t, dk= 62 harga t(tabel) adalah 1,999, t(hitung) 3,30 > t(tabel) 1,999. Maka H0 ditolak. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran ICT terhadap hasil belajar PKn siswa. Dimana peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 35,5 dan peningkatan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 28,5. Sebelumnya diketahui bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 48,3 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 49,2 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 83,8 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 77,7. Dari sini dapat dibahas bahwa kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan perlakuan menggunakan media pembelajaran ICT terjadi peningkatan nilai yang signifikan yaitu sebesar 35,6 sedangkan peningkatan nilai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan perlakuan menggunkan sumber belajar bukan dari media pembelajaran ICT terjadi peningkatan nilai juga namun hanya sebesar 28,5.
Kata Kunci: Penggunaan media pembelajaran ICT, Hasil Belajar
This study aims to determine the effect of the use of ICT learning media on learning outcomes of students in the eighth grade Civics SMP Negeri 92 Jakarta. This study was conducted in May 2014. Research method used was experimental method. The sampling technique is to use a purposive sample technique, which divides the sample into two classes, namely class experiment treated using ICT and classroom instructional media control by not using mediaICT. So the total sample in this study was two classes.
The instrument used in the form of a multiple choice test which amounts to about 30. Before the test was given second class, in the first test validity and reliability. Having tested the validity of the amount of matter that had numbered 40 to 30 because there are 10 questions that are not valid. In this experimental study before testing hypotheses testing data normality and homogeneity. Testing for normality in this study using the formula Lilliefors, data normality test results obtained by the experimental class L (count) 0.1549 and the data obtained control class L(count) and 0.1432 L(table) for the Lilliefors test obtained at 0.1566, with thus these two classes of the data has shown that L (count) < L(table), meaning that both classes of the data are normally distributed. Then test the homogeneity of the Bartlet test. In the calculation of tests of homogeneity obtained X2 = 0.64, and from the list of chi-square distribution with df = 1 obtained X20, 95 (1) = 3.84. So X2 (count) 0.64 < X2 (table) 3.84, meaning it can be concluded that the two groups come from populations that have a homogeneous variance.
Then testing the hypothesis on research using the t test. The results of hypothesis testing on the experimental class and the control obtained t(count) = 3.30 consulted with table t, df = 62 price t(table) is 1.999, t(count) 3.30> t(table) 1,999. Then H0 is rejected. So it is concluded that there are significant use of instructional media Civics ICT on learning outcomes of students. Where an increase in the average value of the experimental class and the increase in value of 35.5 grade average control of 28.5. Formerly known that the average value of the experimental class pretest value of 48.3 and an average pretest control class is 49.2, while the average value of 83.8 posttest experimental class and the average value of 77.7 posttest control class. From this it can be argued that given the experimental class learning with treatment using ICT instructional media value increased significantly by 35.6, while increasing the value of a given class of learning control with treatment not use the learning resources of ICT instructional media, but also an increase in the value of only 28.5.
Keywords: Use of ICT learning media, Learning Outcomes
SS00002622 | SK 2622 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2014.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain