Text
Model pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman tema "Kehidupan Keluarga" dengan metode gruppenrallye bagi siswa SMA kelas XI
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun tahap-tahap pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman tema “Kehidupan Keluarga” dengan
metode Gruppenrallye bagi siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik studi pustaka.
Tahap-tahap pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah tahap pembukaan, tahap pembentukan kompetensi (Prӓsentation, Semantisierung
dan Üben ) dan tahap penutup. Pada tahap pembentukan kompetensi terdapat
metode Gruppenrallye. Metode Gruppenrallye merupakan salah satu tipe dari
model pembelajaran kooperatif, yaitu pembelajaran secara berkelompok dengan
jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara heterogen. Metode ini dapat
memudahkan siswa dalam memahami teks karena teks dibahas secara
berkelompok dan terdapat unsur rasa tanggung jawab dan saling mengajarkan
antar anggota dalam kelompok.
Langkah-langkah pembelajaran pada penelitian ini disajikan dalam dua
buah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam kedua RPP tersebut,
metode Gruppenrallye dilakukan pada tahap pembentukan kompetensi.
Berdasarkan hasil penelitian ini model pembelajaran dalam penelitian ini
dapat digunakan guru dalam melatih keterampilan membaca siswa dalam
memahami teks dengan menggunakan metode Gruppenrallye.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, “Kehidupan Keluarga”, Metode Gruppenrallye
SS00002569 | SK 2569 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain