Text
Fitness center sebagai tren gaya hidup remaja : studi kasus anggota fitnes center My One Gym di Perumahan Villa Mutiara Gading II Bekasi Utara
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan mengenai gaya hidup yang terbentuk di fitness center pada masyarakat perkotaan, khususnya kelompok usia remaja. Permasalahan yang diangkat adalah mengenai latar belakang alasan para anggota memilih fitness center My One Gym sebagai media gaya hidup. Kemudian bagaimana tindakan tersebut dijadikan gaya hidup masing-masing para anggota sehingga tercipta makna dari memiliki bentuk tubuh sehat dan ideal. Pemaknaan bentuk tubuh ideal dan kesehatan selanjutnya di aplikasikan sebagai pembentukan kontruksi identitas dalam tren gaya hidup remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena dianggap dapat menggali lebih dalam lagi mengenai fenomena gaya hidup remaja perkotaan di fitness center yang telah menciptakan sebuah tren gaya hidup bagi para anggotanya. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, partisipan observer, studi pustaka juga tehnik wawancara mendalam dengan 7 orang informan kunci, yang terdiri dari 5 informan fitness center My One gym dan 2 informan Celebrity Fitness. Selain itu untuk menunjang data utama wawancara juga dilakukan oleh seorang binaraga, pengelola atau pemilik fitness center, dan instruktur fitnes. Berdasarkan hasil penelitian, tren gaya hidup di fitness center dilatarbelakangi menjamurnya fitness center di perkotaan dan adanya kebutuhan remaja mengenai olahraga dan hiburan untuk mengisi aktivitas waktu luang. Pembentukan gaya hidup ini tidak lepas dari adanya sosialisasi melalui rekan kalangan remaja (peergroup) yang memaknai olahraga dapat merubah penampilan bentuk tubuh dan kesehatan menjadikan remaja memilih sebagai suatu gaya hidup yang sedang tren. Pembentukan tubuh ideal dan sehat dinilai para remaja dapat membentuk konstruksi identitas dalam membangun citra diri dan prestise mengenai penampilan bentuk tubuh secara personal dan sosial.
Kata Kunci : Gaya Hidup, Fitness Center, dan Remaja
This study used a qualitative approach because they can dig deeper into the phenomenon of urban youth lifestyle in the fitness center that has created a lifestyle trend for members. The research data was obtained through observation, participant observer, library research techniques also in-depth interviews with key informants 7, which consists of 5 informants My One gym fitness center and 2 informant Celebrity Fitness. In addition to the main data support the interviews were also conducted by a bodybuilding, manager or owner of a fitness center, and fitness instructor. Based on the research results, trendin lifestyle Fitness Center backgrounded of develops in urban areas and the teenagers need about sports and entertainment to fill the leisuretime activity. The formation of this lifestyle is not separated from the socialization through peer among teenagers (peergroup) who interpret that the sport can changes the appearance and health of the body shape makes teenagers choose a lifestyle trend. The formation of an ideal and healty body valueded of teenagers as constructio nidentity in building a self image and prestige regarding the apparance of body shape personally and socially.
Keywords: Lifestyle, Fitness Center, and Teenagers
SS00002632 | SK 2632 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain