Text
Lexical semantic errors in basic writing texts of English Department State University of Jakarta Students
Skripsi ini membahas apa saja jenis kesalahan leksikal semantik dalam basic writing text (teks menulis dasar) pada mahasiswa jurusan bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta dan kategori kesalahan leksikal semantik apa yang paling sering terjadi dalam basic writing text (teks menulis dasar) mahasiswa pada jurusan bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta. Hal ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi yang merupakan bagian dari penelitian kualitatif. Skripsi ini menggunakan teori lexical semantic error (kesalahan leksikal semantik) oleh Carl James. Penulis menganalisis dua jenis basic writing text (teks menulis dasar) yaitu teks yang bersifat mendeskripsikan dan menceritakan. Untuk menemukan kesalahan leksikal semantik dan menentukan kategori kesalahan yang paling sering terjadi dalam teks, penulis menganalisis teks berdasarkan kata, frase, dan kalimat dalam teks yang mengandung kekeliruan leksikal semantik pada kedua teks dan membandingkan kedua teks untuk mencari kesalahan leksikal semantik. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat 11 kesalahan leksikal semantik dari 3 kesalahan leksikal semantik kategori dalam basic writing text (teks menulis dasar) pada mahasiswa jurusan bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta. Kategori kesalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan menggunakan kata-kata yang terlalu umum (45,45%). Kesalahan ini terjadi akibat mahasiswa kurang menguasai pembendaharaan kata-kata dalam bahasa Inggris.
Kata kunci: analisis kesalahan, leksikal semantik, teks menulis dasar
This study discusses what are the lexical semantic errors found and which lexical semantic errors categories most frequently occur in basic writing texts English Department students State University of Jakarta. It is conducted by using content analysis method which is a part of qualitative research. This study uses Carl James lexical semantic error theory. The researcher analyses two kinds of basic writing texts, there are descriptive and recount texts. To reveal the lexical semantic errors and to determine which lexical semantic errors categories most frequently occur in basic writing texts, the researcher analyses words, phrases, and sentences that contain lexical semantic mistakes in both texts and comparing both texts to find the lexical semantic errors. Based on the analysis, it can be concluded that there are 11 lexical semantic errors of 3 lexical semantic errors categories found in basic writing texts English Department students State University of Jakarta and the lexical semantic errors categories that most frequently occur is using a more general term (45,45%). This error happens because the lack of students’ knowledge about appropriate use of vocabulary in English Language.
Keywords: error analysis, lexical semantic errors, basic writing text
SS00002564 | SK 2564 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain