Text
Hubungan gaya kognitif dan self efficacy dengan hasil belajar PPKN siswa kelas V di Wilayah Kelurahan Grogol Selatan Jakarta Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan gaya kognitif dengan hasil belajar PPKN siswa. (2) Mengetahui hubungan self-efficacy dengan hasil belajar PPKN siswa. (3) Mengetahui hubungan gaya kognitif dan self-efficacy dengan hasil belajar PPKN siswa kelas V SD Negeri SD Negeri Di Wilayah Kelurahan Grogol Selatan Jakarta Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan sifatnya adalah penelitian korelasi. Dalam penelitian ini populasi target berjumlah 1140 siswa. Sampel penelitian diambil yaitu 120 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu gaya kognitif dan self-efficacy, serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar PPKN siswa. Metode pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kognitif dengan hasil belajar PPKN siswa. Besarnya konstribusi variabel gaya kognitif dengan hasil belajar PPKN siswa sebesar 32,15%. Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi gaya kognitif seseorang, semakin tinggi pula hasil belajarnya. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar PPKN siswa. Besarnya konstribusi variabel self-efficacy dengan hasil belajar PPKN siswa sebesar 39,44%. Hal itu menunjukkan bahwa semakin self-efficacy seseorang, semakin tinggi pula hasil belajarnya. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan gaya kognitif dan self-efficacy secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKN siswa. Besarnya konstribusi variabel gaya kognitif dan self-efficacy secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKN siswa sebesar 49,35%. Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi gaya kognitif dan self-efficacy siswa, semakin tinggi pula hasil belajar PPKN siswa. Hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa gaya kognitif dan self-efficacy siswa dapat meningkatkan hasil belajar PPKN siswa.
This study the aims to know (1) relationship of cognitive with the result of citizenship students learning. (2) To know relationship self-efficacy with the result of citizenship students learning. (3) To know relationship of cognitive and selfefficacy efficacy with the result of citizenship students learning for class V SD Negeri Di Wilayah Kelurahan Grogol South Jakarta South. The research use quantitative approach, while nature is correlation study. This study consisted to 1140 students. Sample was taken of 120 students. Sampling was conducted used simple random sampling technique. This study there are 2 independents variables that cognitive style and self-efficacy, and 1 dependent variable that the result of citizenship students learning. Methods of data collection use multiple choice questions and questionnaires. Technique analyzed of data use the formula product moment correlation and multiple of correlation. The result of study showed that (1) there are positive of relationship and significant between cognitive style and the result of citizenship students learning. The contribution of cognitive style with citizenship students learning outcomes by 32,15 %. It shows that the higher a cognitive style person, the higher learning results. (2) there are positive of relationship and significant between cognitive style and the result of PPKN students learning. The contribution of cognitive style with citizenship education students learning outcomes by 39,44 %. %. It shows that the higher self-efficacy person, the higher learning results. There are the positive of relationship and cognitive style of significant and self-efficacy together with the result of citizenship students learning. The contribution of cognitive style with self-efficacy together with the result of citizenship students learning by 49,35%. It shows that the higher cognitive style and self-efficacy students, the higher result of citizenship students learning. The result of study can be understood that cognitive style and self-efficacy students increased the result of citizenship students learning.
TM00005025 | TM 5025 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain