Text
Pengaruh motivasi, citra destinasi dan sensation-seeking terhadap niat mengunjungi pulau Belitung
ABSTRAK
MARGARETHA ESTIANA, Pengaruh Motivasi, Citra Destinasi, dan Sensationseeking Terhadap Niat Mengunjungi Pulau Belitung. Skripsi, Jakarta, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel motivasi terhadap niat mengunjungi Pulau Belitung, pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel citra destinasi terhadap niat mengunjungi Pulau Belitung, pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel sensation-seeking terhadap niat mengunjungi Pulau Belitung pada karyawan yang bekerja di sekitaran wilayah Jend. Sudirman, Gatot Subroto, MH. Thamrin, dan Rasuna Said selama delapan bulan terhitung sejak November 2016 sampai dengan Juli 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive dengan jumlah responden sebanyak 240 orang karyawan. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 36,732 + 0.753X1 untuk variabel motivasi, Ŷ = 52,298 + 0.461X2 untuk variabel citra destinasi, Ŷ = 50,841 + 0.556X3 untuk variabel sensation-seeking. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov dengan hasil pengujian dapat diketahui nilai Asymp. Sig niat mengunjungi Pulau Belitung (Y) sebesar 0,109, nilai Asymp. Sig motivasi (X1) sebesar 0,165, nilai Asymp. Sig citra destinasi sebesar 0,188 dan nilai Asymp. Sig. sensation-seeking sebesar 0,232. Karena data mempunyai signifikansi lebih besar dari 0,05 maka data tersebut disimpulkan berdistribusi normal. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah multikoliniearitas dan heteroskedastisitas, sehingga dapat dikatakan bahwa persamaan regresi yang baik dan ideal dapat terpenuhi. Selanjutnya dilakukan uji t dan dihasilkan thitung 12,970 > ttabel 1,96 untuk motivasi (X1), 10,195 > ttabel 1,96 untuk citra destinasi (X2), dan 10,295 > ttabel 1,96 untuk sensation-seeking (X3). Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil perhitungan uji t tersebut terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel motivasi, citra destinasi dan sensation-seeking terhadap niat mengunjungi Pulau Belitung. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 41,4% untuk motivasi, 30,4% untuk citra destinasi dan 30,8% untuk variabel sensation-seeking, hal ini menunjukan variabel niat mengunjungi Pulau Belitung ditentukan oleh motivasi, citra destinasi dan sensation-seeking sebesar nilai persentase koefisien determinasi yang telah disebutkan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa variabel yang mempengaruhi niat mengunjungi Pulau Belitung adalah motivasi, citra destinasi, dan sensation-seeking.
Kata kunci : Motivasi, Citra Destinasi, Sensation-seeking, Niat Mengunjungi
SS00014016 | SK 14016 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain