Text
Hubungan antara kualitas pelayanan dan citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan commuter line Jabodetabek pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta pada mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga, selama lima bulan terhitung sejak bulan Maret 2017 sampai dengan Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan dan hubungan antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan Commuter Line Jabodetabek pada mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau yang digunakan adalah mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta angkatan 2013 sampai 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling sebanyak 106 orang. Pengambilan sampel tersebut didasarkan pada survei awal yang dilakukan bahwa terdapat 106 mahasiswa program studi Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta yang loyal terhadap Commuter Line Jabodetabek. Untuk menjaring data dari variabel kualitas pelayanan (X1), citra perusahaan (X2) dan loyalitas pelanggan (Y) digunakan model skala Likert.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Persamaan regresi yang dihasilkan X1 dengan Y adalah Ŷ= 38,85 + 0,6205X1. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung 0,0818, sedangkan Ltabel untuk n= 106 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0860. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X1 berdistribusi normal. Uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 88,35 > 3,91 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Dari uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 0,90 < 1,62 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisien korelasi dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan nilai rxy sebesar 0,678. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien kolerasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung (9,40) > ttabel (1,66) sehingga dapat disimpulkan koefisien kolerasi rxy sebesar 0,678 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4593 yang menunjukan bahwa 45,93% variabel loyalitas pelanggan ditentukan oleh kualitas pelayanan. Sedangkan persamaan regresi yang dihasilkan X2 dengan Y adalah Ŷ= 39,03 + 0,6158X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung 0,0857, sedangkan Ltabel untuk n= 106 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0860. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X2 berdistribusi normal. Uji keberartian regresi menghasilkan menghasilkan Fhitung > Ftabel, yaitu 89,67 > 3,91 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Dari uji linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel, yaitu 1,20 < 1,62 sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisien korelasi dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan nilai rxy sebesar 0,680. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien kolerasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung (9,47) > ttabel (1,66) sehingga dapat disimpulkan koefisien kolerasi rxy sebesar 0,680 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4630 yang menunjukan bahwa 46,30% variabel loyalitas pelanggan ditentukan oleh citra perusahaan.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan
This research was conducted in State University of Jakarta in the Study Program of Commerce Education students , for five months starting from March 2017 until July 2017. The purpose of this study is to obtain information and to determine relationship between service quality with customer loyalty and relationship between corporate image with customer loyalty Commuter Line Jabodetabek in the Study Program of Commerce Education Student in State University of Jakarta. The research method used is survey method with correlational approach. Affordable population that is used is Study Program of Commerce Education Student in State University of Jakarta force 2013 to 2016. The sampling technique used is purposive sampling technique of 106 people. The sampling is based on a preliminary survey conducted that there are 106 Study Program of Commerce Education Student in State University of Jakarta loyal to Commuter Line Jabodetabek. To capture data from service quality (X1), corporate image (X2) and customer loyalty (Y) used Likert scale model. Data analysis technique used in this research is simple linear regression. The resulting regression equation by X1 with Y is
SS00013988 | SK 13988 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain