Text
Pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention pada customer service representation di PT. X wilayah Jakarta Selatan
Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention pada Customer
Service Representation (CSR) PT.X di Jakarta Selatan
(2017)
DAMAR RADITYO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel
kepuasan kerja terhadap niatan karyawan untuk keluar atau turnover intention
dari perusahaan. Penelitian ini berfokus pada pramuniaga atau Customer
Service Representaion (CSR) PT.X di yaitu perusahaan yang bergerak dibidang
ritel yang cukup populer di Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan sampel 75 responden. Penelitian ini menggunakan dua buah skala.
Yaitu skala kepuasan kerja hasil adaptasi dari Job Descriptive Index (JDI) yang
telah banyak dirombak menyesuaikan dengan indikator dimensi kepuasan kerja
dari Luthans yang dijelaskan dalam jurnal. Untuk turnover intention digunakan
skala adaptasi Turnover Intention Scale (TIS). Dalam penelitian ini, uji
hipotesis menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor. Didapati hasil F
hitung (9,026) lebih besar dari F tabel (3,97) dan nilai p (0,004) lebih kecil dari
nilai α (0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh negatif kepuasan kerja terhadap
turnover intention pada CSR PT.X wilayah Jakarta Selatan, yang berarti jika
kepuasan kerja meningkat maka turnover intention mengalami penurunan. Dari
hasil penghitungan didapati R Square sebesar 0,110 yang berarti kepuasan kerja
memiliki pengaruh signifikan hingga 11% terhadap turnover intention.
Kata Kunci: Kepuasan kerja, turnover intention
SS00014041 | SK 14041 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain