Text
Hubungan antara harga diri (self esteem) dengan motivasi belajar siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nusantara 1 Tangerang
ABSTRAK
HALIMATUS SADIYAH. 8105108082. Hubungan Antara Harga Diri (Self Esteem) dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Nusantara 1 Tangerang. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Harga DIri (Self Esteem) dengan Motivasi Belajar pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Nusantara 1 Tangerang. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung bulan April sampai Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Nusantara 1 Tangerang yang berjumlah 96 siswa, dan sampel yang digunakan sebanyak 75 siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Harga Diri) dan variabel Y (Motivasi Belajar) diukur dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Tekhnik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi dan didapatkan persamaan Ŷ = 68,171 + 0,227X. Hasil uji normalitas Liliefors menghasilkan Lhitung = 0,123 sedangkan Ltabel = 1,102. Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistrubusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung = 4,15 dan Ftabel = 3,98. Karena Fhitung > Ftabel maka persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinearan regresi menghasilkan Ftabel = 1,88 sedangkan Fhitung = 0,63. Karena Fhitung 0,63 < Ftabel 1,88 disimpulkan bahwa persamaan regresi linear. Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rhitung = 0,551. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan menghasilkan thitung (5,65) > ttabel (1,666). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Harga Diri dengan Motivasi Belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK Nusantara 1 Tangerang. Dengan uji koefisien determinasi diperoleh hasil 30,40%, variabel motivasi belajar ditentukan oleh harga diri, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara harga diri dengan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Harga diri, Motivasi Belajar, Self Esteem
SS00014407 | SK 14407 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain