Text
Pengaruh trait kepribadian big five terhadap kesejahteraan psikologis guru sekolah menengah pertama
Pengaruh Trait Kepribadian Big Five Terhadap Kesejahteraan Psikologis Guru Sekolah Menengah Pertama
LAZHURA TIARA IMANI
Skripsi
Jakarta: Program Studi Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi
Universitas Negeri Jakarta
2017
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari trait kepribadian big five terhadap kesejahteraan psikologis guru Sekolah Menengah Pertama di Jakarta Pusat. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kesejahteraan psikologis, dan variabel independen nya adalah trait kepribadian big five. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Skala kesejahteraan psikologis diadaptasi dari Ryff’s Scale Of Psychological Well-Being (Ryff, 1989). Skala trait kepribadian big five diadaptasi dari jurnal milik Neila Ramdhani (2012). Responden dalam penelitian ini berjumlah 91 orang guru yang bertugas di sekolah-sekolah di daerah Jakarta Pusat. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan bantuan software SPSS 20.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara dimensi agreeableness dan neuroticism terhadap kesejahteraan psikologis guru SMP. Dimensi openness to experience, conscientiousness, dan extraversion tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan psikologis guru SMP di Jakarta Pusat.
Kata Kunci : Kesejahteraan Psikologis, Trait Kepribadian, Big Five Inventory
SS00014053 | SK 14053 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain