Text
Evaluasi program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat : evaluasi program dengan menggunakan model 3D Hammond's Cube
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesesuaian dan efektivitas Instruksional Dimension dilihat dari aspek/unsur organisasi yang meliputi waktu dan jadwal, topik bahasan atau conten, metode atau proses, dan bagaimana kesesuaian dan efektivitas dimensi Institusional Dimension dilihat dari aspek/unsur tenaga pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan serta untuk mengetahui bagaimana pencapaian Behaviour Dimension berupa perubahan tingkah laku yang dialami peserta didik yang merupakan hasil belajar yang diperoleh oleh mereka pada ranah atau domain kognitif, afektif dan psikomotor pada atau dengan diberikannya Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan dua jenis metode yaitu metode kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Analisis data kuantitatif diperoleh dari angket atau kuesioner, sedangkan metode kualitatif berupa gambaran tentang pelaksanaan Program PAUD HI di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat baik yang berhubungan dengan faktor-faktor pendukung maupun penghambat selama pelaksanaan program. Penelitian evaluasi program ini menggunakan model evaluasi Goal Oriented dengan pendekatan Robert L. Hammond yang terdiri dalam tiga komponen yaitu Instruction, Institusional dan Behavior. Pada aspek organisasi (Waktu dan jadwal) yaitu Kesesuain materi dan waktu dinyatakan sesuai, karena durasi waktu 3 jam yaitu dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00 dianggap sudah sesuai karena pelayanannya untuk anak usia dini. Aspek kurikulum, kurikulm yang digunakan adalah kurikulum 2013 PAUD, yang memiliki tujuan mendorong peserta didik secara optimal melalui pengalaman belajar yang bermakna, dan menyenangkan untuk meningkatkan kreatif, aktif, inovatif, memiliki kecerdasan relegi, intelektual, mandiri serta karakter yang baik. Penggunaan berbagai media masih kurang karena sarana yang tersedia masih minim. Instruction Dimension: pada dimensi ini peneliti mendapatkan informasi tentang kualifikasi tenaga pendidikan atau Guru, yang mana sebagian tenaga pendidik di Lembaga tersebut belum memenuhi standar karena masih ada di antaranya hanya lulusan SMA dan sederajat dan sarjana tetapi bukan Lulusan PAUD, penelitian selanjutnya tentang peningkatan jumlah peserta didik, ternyata setiap tahun mengalami peningkatan jumlah. Behavior Dimension : Aspek afektif, anak-anak belum mampu mengendalikan emosinya dan masih sangat labil dan susah menahan diri saat menginginkan sesuatu atau tidak menyukai sesuatu. Aspek kognitif, anak-anak di TK Pertiwi sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa yang dapat dipahami, namun kemampuan bilangan anak masih tergolong rendah.
Perkembangan psikomotorik anak sangat baik, seperti menirukan gerakan yang diajarkan oleh guru atau tenaga pendidik. Kata kunci : Pengembangan PAUD HI, Instructional Dimension, Instruction Dimension, Behavior Dimension
The purposes of this research are to find out how the suitability and effectiveness of Instructional Dimension refer to the aspects/elements of organizational that include time and schedule, discussion topic or content, method or process, and how the suitability and effectiveness of Institutional Dimension refer to the aspects/elements of educators, learners and educational personnel and also to find out how the achievement of Behavior Dimension that is a behavioral change experienced by learners which is the result of learning obtained by them in the domain or cognitive, affective and psychomotor domains on or with given the Integrative Holistic Early Childhood Development Program in District Polewali Mandar. This research was used two types of methods, namely quantitative and qualitative methods (mixed method). Quantitative data analysis was obtained from the questionnaires, while the qualitative method was a description of the implementation of PAUD HI Program in district Polewali Mandar of West Sulawesi Province which related to supporting factors and obstacle factors during program implementation. The research of this evaluation program was used a Goal Oriented’s evaluation model with approach by Robert L. Hammond which consists of three components: Instruction, Institutional and Behavior. The final results of the research explained that Instructional Dimension: 3 hours duration was relatively short, the curriculum which used was the curriculum 2013, the utilization of various media was still lacking due to the available facilities were still minimal. Instruction Dimension: in this dimension, the researcher get information about the qualifications of educational personnel or teachers, which half of educators in the Institution were not fulfill the standards because several of them were only graduates from high school and also scholars but not graduated from early childhood education program, further research on increasing the number of students that turns out has increased in every year. Behavior Dimension: The affective aspect, children have not been able to control their emotions and still very unstable and hard to resist when wanting something or dislike something. The cognitive aspect, the children in TK Pertiwi were able to communicate with understandable language, but the ability of children number is still low. Psychomotor development of children was very good, like imitating the movement taught by teachers or educators. Keywords: Development of early childhood HI, Instructional Dimension, Instruction Dimension, Behavior Dimension
DD00002078 | D 2078 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain