Text
Pengembangan program bimbingan dan konseling karir pada jenjang sekolah menengah pertama
PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (2017
IDA ROSDIANA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program bimbingan dan konseling karir pada jenjang SMP. Tujuan program untuk mencapai perkembangan karir. Penelitian ini didasari hasil analisis asesmen kebutuhan dan permasalahan karir melalui penyebaran angket Daftar Cek Masalah (DCM) dengan menunjukan jumlah 50% artinya, permasalahn karir yang dialami siswa SMP Kota Bekasi belum menunjukan perkembangan karir maksimal, oleh karena itu, perlu dikaji ulang tentang perkembangan karirnya melalui kompetensi-kompetensi karir yang sesuai pada tahapan usianya. Solusi penanganan dengan cara menyusun dan mengembangkan program bimbingan dan konseling karir. Pengembangan program bimbingan dan konseling karir terintegrasi dengan program bimbingan dan konseling di sekolah yang mengacu pada komponen program bimbingan dan konseling komprehensif Gysbers dan Handerson (2006).Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) model Borg and Gall yang dibatasi hingga langkah ke 7 yaitu: (1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi, (2) tahap perencanaan produk dan desain, (3) tahap mengembangkan produk awal, (4) uji validasi ahli, (5) revisi produk, (6) uji lapangan oleh pengguna, (7) revisi produk akhir. Penelitian ini, membahas mengenai kekurangan produk dalam struktur komponen program, penjelasan tentang tujuan layanan, penjelasan tentang konten program, serta kelayakan dalam penyajian program. Setelah direvisi, hasil pengujian program bimbingan dan konseling karir pada jenjang SMP dinyatakan layak untuk diimplementasikan pada siswa di sekolah menengah pertama..
Kata kunci: Model bimbingan dan konseling komprehensif, program bimbingan dan konseling karir, perkembangan karir
TM00005037 | TM 5037 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain