Text
Pengaruh minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas XI Akuntansi di SMKN 50 Jakarta
ABSTRAK
KHOIRUNNISA. Pengaruh Minat dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 50 Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi kelas XI di SMK Negeri 50 Jakarta. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar, dan terdapat pengaruh antara minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 50 Jakarta dan populasi terjangkau adalah adalah seluruh siswa SMK Negeri 50 Jakarta kelas XI kompetensi keahlian akuntansi yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 58 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas untuk variabel minat belajar (X1) dengan 40 butir pernyataan telah divalidasi sebanyak 33 butir pernyataan dan sisanya sebanyak 7 butir drop. Uji validitas untuk variabel fasilitas belajar (X2) dengan 45 butir pernyataan telah divalidasi sebanyak 36 butir pernyataan dan sisanya sebanyak 9 butir drop. Hasil uji reliabilitas variabel minat belajar sebesar 0,930. Hasil uji reliabilitas variabel fasilitas belajar sebesar 0,898. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien regresi secara simultan, nilai Fhitung = 32,038 > Ftabel = 3,160 dengan nilai siginifikansi 0,000 dan tingkat signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Sedangkan pada hasil uji koefisien regresi secara parsial, yaitu X1 terhadap Y sebesar thitung = 5,314 > ttabel = 2,003 dapat disimpulkan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan X2 terhadap Y sebesar thitung = 4,295 > ttabel = 2,003 dapat disimpulkan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Uji Hipotesis menyatakan bahwa secara simultan maupun parsial semua variabel independen (minat dan fasilitas belajar) memengaruhi variabel dependen (hasil belajar).
Kata Kunci: Minat Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar
SS00015282 | SK 15282 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain