Text
Hubungan antara iklan dan harga dengan keputusan pembelian smartphone Samsung pada warga Rt 03/08 Perumahan Gria Serpong Asri di Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang
ABSTRAK
SANDI NUR PRATAMA, Hubungan antara iklan dan harga dengan Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada warga RT 03/08 perumahan Gria Serpong Asri di Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang.
Penelitian ini dilakukan di perumahan Gria Serpong Asri Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, selama 5 bulan terhitung sejak Maret 2017 sampai dengan Juli 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara iklan dan harga dengan keputusan pembelian smartphone Samsung pada warga RT 03/08 di perumahan Gria Serpong Asri Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh warga di RT 03/08 perumahan Gria Serpong Asri Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang yang pernah melakukan pembelian smartphone Samsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 117 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan antara X1 dan Y adalah Ŷ = 40.28 + 0.6052X1. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0569 untuk Y atas X1, sedangkan Ltabel untuk n = 117 pada taraf signifikan 0.05 adalah = 0,0819 . Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Uji Linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,14 < 1,58, sehingga dapat disimpulkan bahwa, persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 81,18 > 3,92, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,643 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 9,010 dan ttabel = 1,98 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,643 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4138 yang menunjukan 41,38% variabel kaputusan pembelian ditentukan oleh iklan. Sedangkan Persamaan regresi yang dihasilkan antara X2 dan Y adalah Ŷ = 41,25 + 0.5905X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X2 dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0746 untuk Y atas X2, sedangkan Ltabel untuk n = 117 pada taraf signifikan 0.05 adalah = 0,0819. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Uji Linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,42 < 1,59, sehingga dapat disimpulkan bahwa, persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 76,77 > 3,92, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,633 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 8,762 dan ttabel = 1,98 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,633 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4003 yang menunjukan 40,03% variabel keputusan pembelian ditentukan oleh harga.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Iklan, Harga
SS00014005 | SK 14005 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain