Text
Pengaruh media mobole online based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran koloid
Abstrak
Tania Shahab. Pengaruh Media Mobile Game Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran Koloid. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media mobile game based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 79 Jakarta. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3.
Penelitian dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Group Design. Media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Power Point untuk kelas kontrol dan media Mobile Game Based Learning pada kelas eksperimen. Sebelum dilakukan pembelajaran, masing-masing kelas diberikan pretest terlebih dahulu, kemudian diberikan posttest setelah dilakukan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata kemampuan memecahkan siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai thitung = 3,851 dan ttabel = 1,694. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan memecahkan masalah siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol sehingga terdapat pengaruh positif pada penerapan pembelajaran menggunakan media mobile game based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa dalam pembelajaran koloid.
Kata kunci: Mobile game based learning, Kemampuan memecahkan masalah, Koloid
Tania Shahab. The Influence of Mobile Game Based Learning to The Problem Solving Skills in Colloid Learning. Essay. Jakarta: Chemistry Education Program, Chemistry Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Jakarta State University, August 2017.
The aim of this research is to determine the effect of the use of mobile game based learning to problem solving skills student in colloid learning. This research was conducted at SMA Negeri 79 Jakarta. The samples of this research are students of class XI MIA 2 and XI MIA 3.
The research was conducted by quasi experimental method with PretestPosttest Group Design. The application used in this learning is Power Point for control class and mobile game based learning media in the experimental class. Prior to the learning, each class is given pretest first, then given posttest after the learning.
The results showed that the average of student’s problem solving skills experiment class is bigger than control class. Based on the hypothesis test obtained value tcount = 3.851 and ttable = 1.694. The calculation result shows that tcount > ttable then it can be concluded that the average student’s problem solving skills experimental class is bigger than control class so there is a positive influence on the application of learning using mobile game based learning media to student’s problem solving skills in colloidal learning.
Keywords: Mobile game based learning, Problem solving skills, Colloid
SS00014299 | SK 14299 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain